Hati-hati! 7 Makanan Ini Tidak Boleh Dimasukkan ke Dalam Blender

Jakarta, GPriority.co.id – Blender adalah perangkat lunak yang biasanya digunakan untuk menghaluskan makanan atau membuat minuman. Beberapa diantaranya seperti bumbu masakan atau jus buah. Namun ternyata ada 7 makanan yang tidak boleh dimasukkan kedalam blender, karena bisa membuat blender cepat rusak.

Berikut ini daftarnya yang telah dirangkum oleh tim GPriority.

  1. Bahan makanan beku
    Mencampur bahan makanan beku, seperti potongan buah atau sayuran padat, dapat membebani motor blender dan menumpulkan bilahnya. Untuk mengatasinya, anda bisa mencairkan bahan makanan beku tersebut sebelum diblender.
  2. Kentang mentah
    Kentang padat mengandung tepung dan bentuknya padat. Sehingga sulit untuk diblender dengan lembut. Untuk mengatasinya, anda bisa merebus atau mengkukus kentang terlebih dahulu, agar teksturnya lebih lembut.
  3. Bahan makanan dengan bau yang kuat
    Makanan dengan bau yang menyengat, seperti bawang merah atau bawang putih, dapat meninggalkan bau yang menyengat pada blender, bahkan setelah dicuci. Ada baiknya untuk menggunakan talenan dan mencacahnya di talenan sampai teksturnya halus.
  4. Adonan
    Daripada mencampur adonan di blender, lebih baik gunakan mixer untuk menguleni adonan dan mendapatkan tekstur yang diinginkan.
  5. Makanan panas
    Menambahkan cairan atau bahan panas langsung ke dalam blender, dapat menimbulkan penumpukan tekanan dan menyebabkan cipratan dan kebocoran.
  6. Kacang mentah
    Kacang mentah mengandung racun berbahaya jika tertelan. Pastikan untuk selalu masak kacang dengan matang, dan jangan pernah memblendernya dalam keadaan mentah.
  7. Keju padat
    Jangan pernah memblender keju yang masih padat ke dalam blender. Lebih baik jika keju diparut, baru dicampurkan ke dalam makanan.

Foto : KitchenAid Taiwan