Ingin Tracking ke Desa Wae Rebo? Siapkan Peralatan dan Kenali Jalur Perjalanannya

Jakarta,GPriority.co.id – Salah satu destinasi wisata yang sedang ramai dibicarakan oleh para traveler baru-baru ini adalah desa Wae Rebo di Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT). Pasalnya, tempat ini menyajikan keindahan alam yang masih asri dan hamparan awan di sekeliling desa serta pemandangan gunung api Mandusawu dibelakangnya.

Bagi Anda yang ingin mencoba perjalanan wisata tetapi bingung mau kemana, sebaiknya coba ke desa Wae Rebo ini. Namun Anda butuh biaya dan perlengkapan ekstra karena jalurnya yang cukup lumayan jauh. Desa Wae Rebo terletak di ketinggian 1200 mdpl.

Anda perlu menelusuri jalur di Wae Ri’i dari Lingko Tesem yang merupakan gerbang bagian barat untuk mengeksplor pemandangan alam di sana. Menjajal jalan tanah dan berlumpur di Lingko Tesem tidak begitu menguras stamina karena jalur yang dipakai adalah jalan penghubung desa.

Tetapi jika Anda dari luar pulau dan mendarat di Labuan Bajo, Anda bisa memulai perjalanan melalui Ruteng. Untuk mencapai Ruteng, Anda bisa menyewa kendaraan dengan kisaran harga mulai dari seratus ribuan.

Setelah berada di Ruteng, Anda diharuskan untuk melakukan perjalanan ke desa Denge sebelum nantinya melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki ke desa Wae Rebo. Perjalanan ke desa Wae Rebo hanya berupa jalan setapak dan terdapat pos 1 dan pos 2 sebagai pemberhentian.

Jarak antara pos 1 dan 2 membutuhkan waktu perjalanan hingga 3 jam karena jalur yang dilalui juga cukup terjal. Sepanjang perjalanan ke desa Wae Rebo, Anda akan disuguhkan pemandangan alam yang indah. Sebelum masuk ke tujuan utama, Anda diharuskan untuk membunyikan kentongan sebagai tanda bahwa ada wisatawan yang berkunjung ke Wae Rebo.

Selain untuk mengetahui waktu dan jalur perjalanan, ada beberapa hal yang harus Anda persiapkan sebelum berkunjung ke desa Wae Rebo:

1. Pakaian tebal seperti jaket, kaos panjang, kaos tambahan, kaos kaki dan celana panjang
2. Siapkan uang tunai sebelum berkunjung ke desa Wae Rebo
3. Sebaiknya gunakan sepatu mendaki karena jalur perjalanan yang licin
4. Bawa baterai cadangan secukupnya
5. Makanan dan obat-obatan pribadi
6. Bawa buku bacaan untuk nantinya diberikan kepada anak-anak desa Wae Rebo. (Hn.)

Related posts