Jenazah Covid-19 Kini Bisa di Makamkan di TPU Kemiri Jakarta Timur dengan Syarat

Jakarta,Gpriority-Krisis lahan pemakaman Covid-19 yang terjadi sejak November 2020 kemarin membuat Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memberikan kebijakan untuk semua Tempat Pemakaman Umum (TPU) di Jakarta bisa digunakan untuk pemakaman jenazah pasien Covid-19 dengan syarat pada saat pemakaman jenazah harus melalui protokol kesehatan (prokes) yang ditetapkan.

Tempat Pemakaman Umum (TPU) Kemiri Rawamangun Jakarta Timur salah satunya, korban Covid-19 yang akan dimakamkan di TPU Kemiri harus diajukan permohonan pemakamannya oleh pihak rumah sakit yang merawat pasien. Sementara itu, bagi pasien Covid-19 yang meninggal di rumah, proses pemakaman diurus oleh Puskesmas terdekat. Pasien Covid-19 juga sudah harus dilakukan pemulasaraan secara Covid-19.

“Karena terjadi lonjakan kasus Covid-19, TPU Kemiri Rawamangun membuka untuk korban Covid-19 bisa dimakamkan disini dengan beberapa syarat,” Ujar Neneng, Petugas lapangan TPU Kemiri, Rabu (30/6).

Selain itu TPU Kemiri juga memberlakukan sistem tumpang makam, hal tersebut lantaran tempat pemakaman yang semakin penuh. Berikut syarat bagi keluarga ahli waris yang akan memakamkan jenazah pasien Covid-19 secara tumpang.

Pertama, liang lahat yang dipergunakan harus berisi jenazah dari kalangan keluarga sebelumnya dan sudah memberikan izin. Kedua, petak liang lahat berukuran 2,5 x 1,5 Meter. Ketiga, Pemakaman tumpang dapat dilakukan sesudah jenazah lama di makamkan paling singkat 3 tahun.(Sof.Foto.Sof)

Related posts