Jokowi Pantau Vaksinasi Massal di Mahulu dan 9 Kabupaten Kota Lainnya di Kaltim


Masyarakat Kalimantan Timur yang tersebar di 10 kabupaten dan kota melaksananakan vaksinasi jenis moderna secara massal, termasuk Kabupaten Mahakam Ulu, Kalimantan Timur.

Kegiatan vaksinasi tersebut disaksikan langsung oleh Presiden Joko Widodo saat melakukan kunjungan kerja ke Kalimantan Timur, tepatnya dari Samarinda melalui telekonferensi, Selasa (24/08/2021).

“Vaksinasi massal yang pada saat itu didatangi oleh Pak Jokowi, waktu ke Samarinda diminta untuk melakukan vaksinasi serentak di 10 kabupaten kota di Katim termasuk di Mahakam Ulu, melakukan telekonferensi bahwa kita juga sama-sama serentak melakukan vaksinasi masal moderna,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Mahulu, Agustinus Teguh Santoso saat dihubungi.

Kabupaten Mahulu sendiri menerima kiriman vaksin moderna sebanyak 1.300 dosis dari Kementerian Kesehatan. Dalam vaksinasi moderna tersebut, 50 vial dosis disiapkan dengan target 500 orang sasaran penerima.

Agustinus menjelaskan bahwa satu vial moderna dapat disuntikkan untuk 13 hingga 15 orang. Kemudian Dari target sasaran 500 orang tersebut, Ia mengungkapkan ada sekitar 480 orang masyarakat Mahulu yang sudah disuntik vaksin moderna.

“Saat itu kita punya target sekitar vaksinasi massal itu 500 orang dan kita bisa hampir mencapai karena ada sekitar 480 orang yang kita suntiknya,” imbuhnya.

Kadinkes menjelaskan vaksin moderna ini diperuntukkan bagi nakes untuk suntikan ketiga atau booster, dan masyarakat umum yang belum pernah melaksanakan vaksinasi alias suntikan pertama. Yang menyasar pada ibu hamil, kelompok 18 tahun ke atas, pelayan publik, dan lansia.

“Vaksinasi moderna ini akan terus dilanjutkan, prinsipnya untuk suntikan pertama dan suntikan kedua, kalo vaksin pertamanya sinovac ya suntikan kedunya harus sinovac. Kalo kemarin pada saat vaksinasi massal suntikan pertamanya pakai moderna ya nanti suntikan keduanya juga pakai moderna,” tuturnya.

Proses vaksinasi juga dilakukan secara bertahap, sebab Kadis Kesehatan menuturkan bahwa vaksin tersebut juga datang bertahap sesuai dengan instruksi Kementerian kesehatan, jadi tidak bisa sekaligus semua orang bisa divaksin.

Adapun Presiden Jokowi saat melakukan kujungan kerja Ke Kalimantan Timur, mengawali kegiatannya di Samarinda dengan meninjau pelaksanaan vaksinasi untuk pelajar di SMPN 22 Samarinda Selasa, (24/08/2021).

Saat vaksinasi tersebut pelajar menggunakan jenis vaksin sinovac yang disuntikkan kepada 1.053 peserta secara bertahap.

“Kita harapkan semuanya berjalan lancar dan segera terbangun kekebalan komunal di seluruh Provinsi Kalimantan Timur dan kita berharap penyebaran Covid-19 dapat segera dikurangi dan dihilangkan dari provinsi ini,” ujar Presiden.

Selain di Kota Samarinda dan Mahakam Ulu , daerah lain yang melaksanakan vaksinasi massal di kabupaten dan kota Provinsi Kalimantan Timur diantaranya, Kota Balikpapan, Kota Bontang, Kabupaten Kutai Timur, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kabupaten Paser, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kabupaten Berau, dan Kabupaten Kutai Barat.

Presiden berharap ada kecepatan dalam program vaksinasi agar penyebaran Covid-19 dapat dihilangkan dari Provinsi Kalimantan Timur serta utamanya dari Tanah Air Indonesia.(#)

Related posts