KemenpanRB Apresiasi 11 Kada Pembina Pelayanan Publik Terbaik

Jakarta,Gpriority-61 Kepala Daerah yang dinilai sukses memberikan pelayanan publik sangat baik kepada masyarakat mendapat apresiasi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) dengan diberikan penghargaan pada Selasa pagi (27/11) di Balai Kartini, Jakarta.

Dari 61 daerah yang mendapat penghargaan, 11 di antaranya memperoleh penghargaan di 3 kategori sekaligus (RSUD, DPMPTSP, dan Samsat/Disdukcapil). Ke-11 daerah tersebut masing-masing Kota Banda Aceh, Kota Palembang, Kota Bandung, Kabupaten Cilacap, Kota Semarang, Kabupaten Bantul, Kabupaten Gunung Kidul, Kota Yogyakarta, Kabupaten Badung, Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kota Makassar.

Penghargaan diberikan setelah tim Kemenpan RB melakukan evaluasi pelayanan publik tahun 2018 di 208 kabupaten/kota serta 34 provinsi di Indonesia sejak beberapa bulan terakhir. Di tingkat provinsi, yang menjadi titik evaluasi yakni RSUD, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), dan Samsat. Sedangkan untuk kabupaten/kota adalah RSUD, DPMPTSP dan Disdukcapil. Penilaian meliputi layanan publik, operator pelayanan, serta pengguna layanan.

“Hasil evaluasi pada 681 unit pelayanan, indeks rata-rata pelayanan di tingkat provinsi 3.0, indeks rata-rata pelayanan di kabupaten dan kota 3.17, dan indeks total 3.08. Atas upaya keras itu saya merasa perlu memberlakukan mekanisme reward berupa apresiasi kepada kepala daerah pembina pelayanan publik yang sangat baik atau kategori A,” ujar Menpan RB Syafruddin dalam sambutannya.

Syafrudin berharap bagi penerima penghargaan jangan berhenti (ini bukan puncak), namun terus kembangkan dan perluas pelayanan publik agar dapat bermanfaat langsung untuk seluruh masyarakat bukan komunitas tertentu saja. (Hs)

Related posts

Leave a Comment