Jakarta, GPriority.co.id – Kementerian PANRB mendukung upaya PT Taspen melakukan transformasi layanan digital. Upaya ini diyakini dapat mempermudah aparatur sipil negara (ASN) dan pensiunan ASN.
Hal ini disampaikan Sekertaris Kementerian PANRB, Rini Widyantini saat mewakili Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) dalam acara Taspen Day di Jakarta, Selasa (16/1).
“Arahan Pak MenPANRB bagaimana kita harus terus menerus melakukan transformasi digital dan TASPEN sudah melakukan ini sehingga seluruh ASN di seluruh Indonesia bisa lebih cepat mendapatkan layanan dari TASPEN,” ujarnya.
Ia menekankan PT Taspen memiliki peran penting dalam meningkatkan kesejahteraan ASN melalui pelayanan yang diberikan. Dengan menerapkan digitalisasi, Rini berharap layanan yang diberikan PT Taspen dapat lebih optimal untuk diakses.
Rini mengatakan bahwa untuk menghadapi tantangan yang semakin besar ke depan, birokrasi perlu beradaptasi dan melakukan perubahan dengan cepat. Beberapa faktor penting perlu diperhatikan, yakni pertama bagaimana teknologi dan digitalisasi menjadi yang paling mendasar dalam tata kelola birokrasi.
“Kita harus melakukan transformasi digital dan saat ini pemerintah tengah melakukan akselerasi transformasi digital dan keterpaduan layanan digital,” tuturnya.
Tak hanya itu, Rini juga menekankan transformasi digital yang dilakukan pemerintah bukanlah tentang penambahan aplikasi namun menekankan pada interoperabilitas aplikasi yang ada.
“Seperti yang disampaikan Menteri PANRB di berbagai kesempatan bahwa sesuai arahan Presiden tidak boleh menambah aplikasi baru namun aplikasi yang sudah ada diinteroperabilitaskan,” jelasnya.
Disisi lain, Rini juga mengapresiasi PT Taspen yang selalu membantu para pegawai ASN baik yang masih aktif, sudah pensiun, menyiapkan pensiun, dan meninggal dunia. Dalam acara Taspen Day, ASN dari kementerian/lembaga diberikan informasi terbaru terkait layanan program yang diberikan taspen untuk ASN dan pensiunan ASN.
“Taspen Day memberikan informasi kepada ASN dan pensiunan. Kementerian PANRB mengucapkan terima kasih kepada Taspen selalu men-support kebutuhan-kebutuhan ASN dengan mengeluarkan program-program yang bermanfaat bagi para ASN,” ujarnya.
Sementara itu, Direktur Utama PT Taspen A.N.S Kosasih mengungkapkan pihaknya sudah melayani ASN selama 60 tahun. PT Taspen berkomitmen terus meningkatkan pelayanan dari tahun ke tahun dengan menerapkan teknologi.
“Kami memiliki layanan yang sangat luas jangkauannya, dari mulai yang tradisional sekali, yaitu kita antar pensiunannya secara tunai sampai juga yang digital bisa melalui gawai telepon genggam,” katanya.
Foto: Humas PANRB