Kenali Jenis Telapak Kaki Bentuk Datar yang Gampang Lelah

Jakarta, GPriority.co.id– Umumnya orang-orang memiliki lengkungan pada bagian terlapak kaki. Ketika berdiri, telapak kaki akan terlihat sedikit lebih naik dari permukaan tanah. Namun hal ini tidak berlaku bagi seseorang yang memiliki telapak kaki yang datar.

Telapak kaki datar atau flat foot merupakan kondisi dimana kaki seseorang tidak memiliki lengkungan alias datar. Dilansir melalu laman resmi alodokter, kondisi flat foot dipengaruhi oleh kelainan tulang dan tendon di telapak kaki.

Fungsi lengkungan pada telapak kaki yaitu untuk menjaga keseimbangan saat berdiri, berjalan, ataupun berlari. Penderita kaki datar bukan berarti tidak bisa berjalan atau berlari, hanya saja mereka akan merasa cepat lelah atau sering mengalami nyeri otot kaki akibat bentuk telapak kakinya yang datar.

Penyebab Kaki Datar
Penyebab kaki datar sendiri belum diketahui pasti, namun menurut laman resmi hellosehat beberapa hal ini dapat menjadi penyebab terjadinya flat foot.

Tulang yang ada pada kaki tidak tumbuh dengan baik saat Anda masih di dalam kandungan.
Jaringan yang terdapat pada kaki meregang, dan hal tersebut bisa saja terjadi akibat cedera, bagian dari proses penuaan, dan kelebihan berat badan).
Masalah kesehatan yang menyerang sistem otot, sistem saraf, atau persendian di seluruh tubuh.

Gejala Kaki Datar
Penyakit kaki rata dapat menimbulkan beberapa gejala seperti kram kaki, nyeri pada bagian pergelangan dan otot-otot kaki, merasa lebih nyeri dan mudah lelah saat melakukan aktivitas, mengalami bengkak, kesemutan, sakit pinggang, serta perubahan cara jalan.

Adapun gejala yang lebih parah dan perlu diwaspadai apabila merasakan hal-hal berikut, seperti kaki terasa lemas, kaku, hingga mati rasa, sering mengalami cedera pada pergelangan kaki, sulit berjalan, dan sulit menjaga kesemibang tubuh. Segera lakukan pemeriksaan bila merasakan gejala-gejala tersebut.

Pengobatan Kaki Datar
Penyakit kaki datar tetap dapat disembuhkan dengan melalui beberapa tahapan pengobatan. Merangkum dari alodokter, beberapa pengobatan dapat ditempuh dalam upaya penyembuhan kaki datar seperti mengonsumsi obat-obatan yang diresepkan langsung oleh dokter, melakukan fisioterapi guna meregangkan otot tendon kaki yang kaku, atau pun melakukan operasi bila dua upaya sebelumnya tidak membuahkan hasil perubahan. (Gs)

Related posts