Selamat Hari Laut Sedunia, Ini Tema dan Latar Belakang Perayaan Ditahun 2022

Jakarta, GPriority.co.id – 8 Juni ditetapkan sebagai peringatan hari laut sedunia. Masyarakat Indonesia turut merayakan perayaan hari laut dengan menuliskan ucapan “Selamat Hari Laut Sedunia” melalui akun sosial media Twitter hingga menduduki posisi 16 tren worldwide (Rabu, 8 Juni 2022).

Lantas tema apakah yang diusung pada perayaan hari laut sedunia pada tahun ini?

Dikutip melalui laman resmi United Nations (UN) World Oceans Day (WOD), untuk perayaan tahun ini mengangkat tema “Revitalization: Collective Action for the Ocean” atau “Revitalisasi: Aksi Kolektif untuk Laut”.

Penentuan tema ini dilatarbelakangi oleh masalah rusaknya laut di seluruh dunia, padahal laut memiliki segudang manfaat bagi kehidupan. Hal ini dijelaskan melalui laman resmi UN WOD.

“The ocean connects, sustains, and supports us all. Yet its health is at a tipping point and so is the well-being of all that depends on it,” keterangan UN WOD yang dikutip pada Rabu (8/6/2022).

Perayaan hari laut sedunia ini akan diselenggarakan oleh pihak Divisi PBB untuk Urusan Kelautan dan Hukum Laut, Kantor Urusan Hukum, dengan kontribusi langsung dari Oceanic Global.

Tak hanya itu, PBB juga memberi kesempatan kepada para pemimpin yang memiliki pemikiran tentang kelautan, selebritas, mitra institusional, suara komunitas, pengusaha, dan pakar lintas industri untuk bersama saling mempelajari topik utama masalah kelautan dan diharapkan dapat bekerjasama guna memicu perubahan.(Gs)

Related posts