Kenapa Upacara 17 Agustus Tahun Ini Digelar di IKN? Ini Jawaban Presiden Jokowi

Jakarta, GPriority.co.id – Tahun ini, upacara 17 Agustus akan digelar di IKN (Ibu Kota Nusantara). Menjawab isu ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun akhirnya buka suara.

Menurut Presiden Jokowi, upacara HUT Kemerdekaan Ke-79 akan digelar di Jakarta dan Ibu Kota Nusantara (IKN). Presiden Jokowi mengatakan, pelaksanaan upacara digelar di dua lokasi dikarenakan masih dalam masa transisi pemindahan ibu kota.

“Ini kan masa transisi, masa transisi dari Jakarta menuju ke IKN Nusantara, agar ada perjalanan menuju pindahnya itu keliatan. Jadi di sini (Jakarta) tetap dilakukan, di sana (IKN) tetap dilakukan,” ungkapnya, dilansir dari laman RRI pada Selasa (10/6/2024).

Lebih lanjut, Presiden Jokowi menjelaskan jika nantinya sarana dan prasarana di IKN sudah terbangun sempurna maka upacara akan dilakukan di IKN. Terlebih, nantinya juga ada Keputusan Presiden mengenai pemindahan ibu kota.

“Nah nanti tahun depan kalo suda ada Keputusan Presiden mengenai perpindahan baru nanti di IKN saja. Termasuk juga urusan yang berkaitan dengan mobilisasi, transportasi, akomodasi, itu tidak mudah,” kata Jokowi.

Pada upacara 17 Agustusan nanti, akan ada sejumlah tamu penting yang diundang. Salah satunya mantan Presiden Indonesia.

Presiden Jokowi sendiri direncanakan akan memimpin upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI Ke-79 dari IKN. Pada upacara yang akan dilaksanakan secara hybrid itu, Presiden Jokowi akan didampingi Presiden Terpilih Prabowo Subianto.

Menurut Menko PMK, Muhadjir Effendi, Wakil Presiden Ma’ruf Amin akan memimpin upacara di Istana Kepresidenan Jakarta. Pada kesempatan itu, Wapres Ma’ruf akan didampingi Wakil Presiden Terpilih, Gibran Rakabuming Raka.

Muhadjir juga menyatakan, upacara di IKN maupun Jakarta akan tetap melaksanakan pengibaran bendera pusaka. Demikian pula dengan acara hiburan yang berlangsung di kedua tempat tersebut.

Foto : BPMI Setpres