Kepala BPS: Inflasi Bulan Maret Cukup Terkendali

Jakarta,Gpriority-Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto dalam siaran persnya yang disiarkan youtube pada Rabu (1/4) mengatakan, perkembangan harga berbagai komoditas di bulan Maret 2020 secara umum mengalami kenaikan. Namun, kenaikan harga tersebut dianggap lebih landai dibanding bulan-bulan sebelumnya.

“Berdasarkan pemantauan yang dilakukan, kenaikan komoditas itu tidak terlalu berpengaruh banyak ke inflasi. Sebab, inflasi bulan Maret sebesar 0,10 persen,” ujar Suhariyanto.

Lebih lanjut dikatakan Suhariyanto, dari angka ini dirinya mengambil kesimpulan bahwa inflasi pada bulan Maret 2020 cukup terkendali. Kalau dibandingkan dengan bulan Februari 2020, angka inflasi di bulan Maret juga lebih rendah. Demikian ia menganggap segala sesuatunya masih bisa dikendalikan dengan baik.

“Bisa dilihat bahwa inflasi Maret 0,10 persen. Lebih rendah dibandingkan Februari 2020 sebesar 0,28 persen. Demikian juga dengan inflasi tahunannya pada bulan Maret adalah 2,96 persen, pada Februari 2,98 persen,” tutur Suhariyanto.

Suhariyanto membeberkan bahwa dari 90 kota ada 43 kota yang mengalami inflasi dan 47 kota mengalami deflasi. Inflasi tertinggi berada di Lhokseumawe sebesar 0,64 persen dan terendah di Surabaya, Surakarta, dan Pekanbaru 0,01 persen.

Sementara itu terkait deflasi tertinggi ada di Timika sebesar -1,91 persen yang disebabkan turunnya tiket angkutan udara.(Hs)

Related posts