Ketua Dekranasda Fakfak, Kaimana dan Sorong Selatan Resmi Dilantik

Papua,Gprority- Bertempat di Aula Gedung PKK Papua Barat, Manokwari, Selasa (27/4/2021), Ketua Dekranasda (Dewan Kerajinan Daerah)  Provinsi Papua Barat Yuliana Mandacan melantik Ketua Dekranasda baru Kabupaten Sorong Selatan,Fakfak dan Kaimana.

“Seiring masa berakhirnya bupati, maka berakhir pula kepengurusan Ketua Dekranasda kabupaten/kota. Untuk itulah usai pelantikan kepala daerah biasanya dilanjutkan dengan pelantikan Ketua Dekranasda Kabupaten/Kota baru yang  dilantik oleh Ketua Dekranasda Provinsi. Sedangkan pengurus Dekranasda Kabupaten/Kota disahkan dengan keputusan Ketua Dekranasda Provinsi,” Ujar Yuliana Mandacan saat memberikan sambutan.

Lebih lanjut dikatakan Yuliana Mandacan, Dewan Kerajinan Nasional Daerah merupakan lembaga independen dan nirlaba yang mempunyai tugas untuk menggali, melindungi, membina serta mengembangkan seni kerajinan berbasis warisan nilai budaya bangsa demi kesejahteraan masyarakat. Untuk itulah di dalam menjalankan fungsinya Dekranasda harus melakukan sinergi dengan pemerintah baik pusat maupun daerah,” jelas Yuliana.

Yuliana juga mengatakan bahwa di tahun 2021, Dekranasda Papua Barat akan melaksanakan program pengumpulan hasil kerajinan yang menunjukan ciri khas daerah masing-masing Kabupaten/Kota se-Papua Barat. “ Akan ditampilkan pada Galeri Dekranasda Papua Barat sebagai ikon kerajinan. Saya berharap  acara ini juga mendapat dukungan dari Ketua Dekranasda Kabupaten yang baru dilantik untuk bisa mempersiapkan produk-produk kerajinan,” jelasnya.

Sementara itu Ketua Dekranasda Sorong Selatan Beatriks M Anggiluli,SE dikutip dari gardapapua.com (27/4/2021) menjelaskan bahwa usai pelantikan, pihaknya akan melakukan pembentukan badan kepengurusan yang baru sesuai dengan petunjuk Dekranasda Provinsi.

Terkait program kerja yang akan dilaksanakan akan dikoordinasikan kembali dengan Dekranasda Provinsi untuk mendampingi penyusunan program kerja baik program prioritas maupun program rutin yang telah dilaksanakan setiap tahunnya.

“ Kami juga akan memprogramkan sejumlah kegiatan di antaranya pelatihan pelatihan bagi perajin agar para perajin lebih terampil dalam mendesain, memproduksi dan memasarkan suatu produk,” tutup Beatriks.(Hs)

 

Related posts