Korbankan Gaji untuk Peralatan Sekolah Siswa, Guru Honorer Viral Bertemu Bupati Kediri

Jakarta, GPriority.co.id – Pada akhir tahun 2022, seorang guru honorer di Kabupaten Kediri menjadi viral berkat kemurahan hatinya. Guru honorer yang viral di jagat maya itu diketahui membantu membelikan peralatan sekolah untuk siswanya dengan gajinya sendiri.

Guru honorer viral yang diketahui bernama Marga Cistha itu, merupakan seorang pengajar di SD Negeri Tiru Lor 2, Kecamatan Gurah. Ia mengabdikan dirinya menjadi guru sejak tahun 2021.

Berkat membagikan momen kesehariannya bersama siswa, guru honorer viral tersebut akhirnya berkesempatan untuk bertemu dengan Bupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramana, pada Senin (15/1) lalu.

Dengan didampingi oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kediri Mokhamat Muhsin dan kepala sekolah di tempatnya mengajar, Marga mengisahkan perjalanannya selama menjadi guru honorer.

Marga menceritakan tentang kondisi siswa disekolahnya yang datang ke sekolah dengan menggunakan sepatu rusak. Karena merasa iba, ia pun akhirnya menyisihkan gajinya untuk membelikan sepatu baru.

Selain sepatu, Marga juga membelikan tas dan sepatu. Juga peralatan sekolah lainnya kepada siswanya. Walaupun gaji Marga perbulan hanya Rp200 ribu, namun ia tetap bertekad untuk menyisihkan sebagian gajinya untuk membantu para siswanya yang kesulitan.

Sembari fokus mengajar, Marga juga menyempatkan diri untuk membagikan kisahnya melalui platform TikTok dengan username @margacistha. Lambat laun, banyak orang yang memperhatikan keseharian dan kisah hidupnya, hingga akhirnya ia menjadi viral.

Marga juga membuka donasi dan menyalurkan bantuan peralatan sekolah, kepada semua siswa di Kabupaten Kediri melalui TikToknya.

Selain peralatan sekolah, bantuan juga berupa uang saku, sepeda, maupun benda lainnya yang dibutuhkan siswa tak mampu.

Berkat kisah mulianya tersebut, Bupati Kediri pun ingin mengangkat Marga sebagai tenaga ahli Bupati.

“Saya perlu orang yang bisa bekerja dengan ikhlas dan jujur, punya integritas,” ujar Bupati Kediri yang akrab disapa Mas Dito itu.

Foto : TikTok / @margacistha