Mansel Berhasil Raih WTP di Tahun ke-7 Pemekaran

Kabupaten Manokwari Selatan (Mansel) meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK ( Badan Pemeriksa Keuangan) RI atas Laporan Keuangan Pemeriksaan Daerah (LKPD) tahun anggaran 2019.

Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) tersebut diserahkan langsung oleh Kepala BPK RI Perwakilan Papua Barat, Arjuna Sakir kepada Bupati Mansel, Markus Waran di kantor aula BPK RI Perwakilan Papua Barat, pada bulan Juni (30/6/2020) kemarin.

Pencapaian tersebut merupakan yang pertama kali sejak Mansel dimekarkan yakni di tahun ke-7 ini. Pemekaran Nansel terjadi pada tahun 2012 silam, sebelumnya Kabupaten Masel mendapat opini tertinggi yaitu Wajar dengan Pengecualian (WDP).

Agar WTP tersebut tetap bertahan di tahun yang akan datang, Markus Waran menghimbau kepada staf dan pimpinan perangkat daerah untuk bekerja sesuai sistem pengendalian internal, dan diarahkan untuk lebih teliti dalam menyusun laporan keuangan, karena opini WTP ini menjadi ukuran penilaian kinerja pemerintah daerah.

Dalam kesempatan tersebut, Markus Waran juga berterima kasih kepada para staf serta pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Manokwari Selatan yang telah bekerja keras dan mendukung selama 7 tahun terakhir.

“Puji Tuhan, di tahun ke 7 ini, semua laporan dan kinerja tentang laporan keuangan daerah pemda Manokwari Selatan mendapatakan WTP. Ini semua berkat dukungan dari para staf serta pimpinan OPD di Manokwari Selatan,” ujar Markus.

Meskipun mendapat opini WTP, BPK tetap memberikan catatan kepada Pemkab Mansel, yang mana BPK sendiri menemukan adanya kelemahan sistem pengendalian internal dalam penyusunan laporan keuangan Kabupaten Mansel terkait pengelolaan aset yang balum tertib dan harus diperbaiki.

Catatan yang diberikan BPK tersebut harus diperhatikan dan ditindaklanjuti dalam kurun waktu 60 hari sejak laporan hasil pemeriksaan tersebut diterima.#Dwi.Foto.dok.jagatpapua

Related posts