Menikmati Pesona Alam Kalimantan Timur Lewat Festival 3 Danau


Jakarta, GPriority.co.id – Enam event Kalimantan Timur dinyatakan lolos hasil kurasi Kharisma Event Nusantara (KEN) Tahun 2022 pada 31 Januari 2022. Satu diantaranya merupakan festival unik yang mengangkat seni budaya dan keberlanjutan lingkungan (ekowisata) di Kawasan Tiga Danau terbesar di Kalimantan Timur, yakni Danau Semayang, Danau Melintang, dan Danau Jempang. Sesuai lokasi terselenggaranya, festival yang dimaksud diberi nama Festival 3 Danau, di Kalimantan Timur.

Kegiatan Festival 3 Danau ini merepresentasikan pesona petualangan di kawasan cascade 3 danau terbesar di Kalimantan Timur sekaligus eksplorasi terhadap kehidupan sosial dan budaya serta kegiatan ekonomi masyarakat.

Festival 3 Danau merupakan event daerah yang digagas oleh Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur yang merupakan salah satu event yang masuk ke dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) kategori Reguler.

Festival ini juga menawarkan berbagai macam keseruan serta keunikan melalui pertunjukkan maupun konsep yang dibawa dan berhasil mengusung konsep menjadi event daerah pertama yang diselenggarakan di atas kapal berlayar, yaitu Queen Orca Houseboat pada tahun 2021.

Festival 3 Danau terkenal dengan beragam suguhan atraksi pertunjukkan seni budaya yang menarik, seperti tarian-tarian dan kesenian khas Kalimantan Timur, meliputi Tarian Arak Jamu, Tenun Doyo, dan Tari Gantar.

Festival ini juga pernah penampilan musik “Festival 3 Danau” yang dibawakan oleh tim kesenian Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Mulawarman. Lalu, ada penampilan Musikalisasi Puisi Danau Semayang, Tarian Jepen Bekipas, Tarian Kukar, dan talkshow interaktif.

Talkshow interaktif ini juga menjadi salah satu pembeda dari event-event seni budaya lainnya yang berfokus pada pertunjukkan seni budaya.

Talkshow Festival 3 Danau mengundang banyak tokoh terkenal, tidak hanya dari kalangan pejabat pemerintah dan tokoh ahli, tapi event ini juga mengundang influencer, diantaranya yang pernah hadir adalah influencer/traveler, Iqsan, Rinanda, dan Catur yang membagikan pengalamannya setelah menjelajahi keindahan dan eksotika Danau Jempang dan budaya masyarakatnya.

Karena mengusung tema ekowisata, topik yang dibahas dalam talkshow tidak jauh dari upaya konservasi danau dan lingkungan hidup. Bukan cuma itu, pengunjung juga bisa dapat ilmu cuma-cuma mengenai berbagai macam topik, diantaranya pengetahuan tentang konservasi pesut Mahakam, perlunya pengelolaan sampah dan peralatan yang tidak ramah lingkungan, merevitalisasi budidaya spesies ikan lokal yang semakin jarang ditemui, seputar pariwisata dan tren pariwisata pasca pandemi, dan masih banyak lagi.

Dengan keberadaan Festival 3 Danau, diharapkan ada potensi dampak yang dihasilkan. Festival ini diharapkan akan memberikan manfaat kepada Jasa Transportasi Sungai/Danau, Homestay, Jasa Kuliner dan Jasa Perlengkapan Event. Lalu, dalam Potensi Dampak Sosial Budaya, diharapkan akan ada peningkatan aktualisasi seni budaya lokal. (Vn.Foto.Istimewa)

Related posts