Menko Perekonomian Airlangga Hartarto: Transformasi Perekonomian Guna Mewujudkan Kedaulatan Ekonomi

Jakarta,Gpriority-Menteri koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto dalam keterangan persnya pada Selasa (11/8/2020) mengatakan, Pandemi Covid-19 ini memberikan pukulan yang cukup telak bagi perekonomian Indonesia yang mana pada kuartal ke-2 2020, perekonomian Indonesia tumbuh sangat negatif. Berdasarkan data terakhir, perekonomian Indonesia mengalami kontraksi hingga minus 5,32 persen secara tahunan pada kuartal II-2020.

” Momen seperti ini jangan dibuat pesimis. Justru harus dijadikan sebuah kesempatan untuk Indonesia melakukan riset dan juga transformasi perekonomian agar dapat mewujudkan kedaulatan ekonomi,” ucap Airlangga.

Guna mewujudkan kedaulatan ekonomi, Airlangga menghimbau agar perusahaan teknologi informasi dan juga UMKM mau memanfaatkan digitalisasi. ” Karena digitalisasi ini memiliki potensi yang besar dan dapat mendorong perekonomian Indonesia. Saya memprediksi, potensi dari digitalisasi dari pasar Indonesia ditahun 2025 ini mencapai 125 milyar USD,” Ucap Airlangga.

Selain digitalisasi, hal lain yang perlu diperhatikan adalah memperkirakan perubahan pekerjaan masa depan, perubahan preferensi konsumen, memperhatikan ketahanan bisnis, dan dapat melihat potensi yang ditimbulkan dari keadaan geopolitik dan juga arus internasional, potensi dari kebijakan hilirisasi salah satunya adalah hilirisasi investasi, kemudian juga interferensi pemerintah yang lebih besar serta keseimbangan tujuan ekonomi dan sosial.

” Saya yakin jika ini semua bisa diterapkan, perekonomian negara kita bisa kembali naik,”tutup Airlangga.(Haris.Foto.dok.suara.com)

Related posts