Menkominfo Rudiantara: Pers Harus Menjadi Pilar Demokrasi

Jakarta,Gpriority-“Pers harus menjadi pilar demokrasi,” itulah ucapan awal Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara saat membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) di Perpustakaan Nasional pada Jum’at (1/3).

Lebih lanjut dikatakan Rudiantara, Berkembangnya pers itu bukan berasal dari teknologi melainkan dari Sumber Daya Manusianya (SDM)yakni jurnalis dan redaksinya. Untuk itulah suka atau tidak suka, SDM harus mengikuti perkembangan jaman.

Berkaitan dengan teknologi dan ekonomi, pria yang akrab disapa Chief RA mengatakan, pada saat ini kita sudah memasuki ekonomi berbasis digital, sehingga semua proses ekonomi semuanya memanfaatkan teknologi digital.

“Karena ekonomi kita berbasis digital, makanya kita harus mengikuti perkembangan, sehingga mampu mengangkat industri kita termasuk media,” ucap Chief RA.

Chief RA juga mengatakan bahwa yang mendrive kita di era industri 4.0 dalam bisnis bukanlah teknologi melainkan pola pikir kita. ” Untuk itulah Pola pikir kita mencari cara baru untuk menyelesaikan masalah. Contohnya gojek. Nabil melihat bahwa ojek biasa tidak bergerak sehingga hanya berjalan ditempat. Untuk itulah dia membuat ojek dengan menggunakan teknologi. Karena mampu menghasilkan uang lebih banyak dibandingkan ojek biasa. Dan benar apa yang diucapkan nabil, gojek yang dibuat berjalan dengan lancar,” jelas Chief RA.

Terkait dengan industri 4.0 yang menggunakan teknologi, Kominfo telah menyediakan satelit palapa ring untuk memudahkan ekonomi digital.
Dengan adanya palapa ring, internet cepat hadir di semua indonesia. Dengan demikian masyarakat Indonesia bisa menikmati teknologi digital.

Chief RA juga menyarankan untuk memanfaatkan ekonomi berbasis digital oleh media sehingga mampu menghasilkan.

Terkait dengan hoax yang semakin banyak, kominfo terus melakukan penelusuran untuk memerangi hoax. “Untuk itulah saya berharap media bisa menjadi arus utama dalam menangkal hoax,”tutup Chief RA.(Hs.Foto:Hs)

Related posts