Mohon Maaf, Bagi yang Pernah Terpapar Corona Tidak Disuntik Vaksin Covid-19 Dulu

Jakarta,Gpriority- Program vaksinasi Covid-19 gratis kepada masyarakat Indonesia dimulai pada hari Rabu (13/1/2021). Namun menurut Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito menyampaikan bahwa orang yang pernah terpapar Corona tidak akan disuntik vaksin COVID-19 di tahap pertama.

“Mohon maaf bagi orang yang sudah terpapar COVID-19, untuk sementara tidak divaksin dulu. Prioritas vaksin untuk sementara ini untuk orang-orang yang belum pernah terpapar COVID-19,” kata Wiku di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (13/1/2021).

Wiku menjelaskan bagi orang yang sudah terpapar Covid-19 biasanya memiliki antibodi yang sangat kuat untuk melawan Covid-19, sehingga tidak menjadi prioritas utama.” Berbeda halnya dengan orang yang belum pernah terpapar, antibodi Covid-19 masih belum ada, sehingga mereka menjadi prioritas utama,” jelas Wiku.

Meski demikian bukan berarti mereka tidak akan divaksin. Tetap akan divaksin, namun itu setelah diproduksi secara masal.” Sebelum divaksin, tenaga medis yang bertugas melakukan vaksinasi akan memeriksa terlebih dahulu apakah antibodi Covid-19 orang yang pernah terpapar tersebut tinggi atau rendah. Jika rendah maka mereka wajib melaksanakan vaksinasi. Dan mengenai kapan waktunya, kami akan membahasnya lebih lanjut dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) terlebih dahulu,”kata Wiku.

Wiku berharap dengan adanya vaksinasi ini, angka Covid-19 di Indonesia semakin bertambah menurun sampai sangat minimal atau tidak ada sama sekali.(Hs)

Related posts