Nusa Indonesian Gastronomy Kenalkan Nasi Bekepor dan Sambal Raja, Kuliner Lezat Khas Kutai

Jakarta, GPriority.co.id – Kutai merupakan salah satu daerah yang berada di Kalimantan Timur. Selain terkenal dengan kerajaannya, kuliner Kutai juga terkenal dan bahkan menjadi favorit bangsawan di Kaltim. Beberapa kuliner yang menjadi ciri khas Kutai adalah nasi bekepor dan sambal raja.

Lewat acara ‘Merayakan Gastronomy Indonesia’, Nusa Indonesian Gastronomy mengajak para pengunjung untuk merasakan sensasi lezat dari nasi bekepor dan sambal raja yang menjadi kuliner favorit masyarakat Kutai. Acara ini diadakan pada Rabu (7/2) kemarin, di Taman Ismail Marzuki, Jakarta.

Sekilas, nasi bekepor mungkin terlihat mirip dengan nasi liwet atau nasi uduk. Namun, nasi bekepor memiliki perbedaan dengan keduanya. Nasi bekepor sama sekali tidak menggunakan santan, dan dimasak dengan kuali/kendhil (dalam bahasa Kutai disebut kenceng) lalu dibakar.

“Bekepor sendiri dalam bahasa Kutai artinya bergeser atau berputar. Karena saat dimasak, kuali/kendhil akan diputar agar nasi bekepor cepat matang,” ujar Yaya Wardhana pemilik bisnis kuliner khas Kutai.

Di Kutai sendiri, nasi bekepor biasanya dimasak diatas arang. Rasa gurih yang tercipta adalah hasil kombinasi dari beras putih dan ketan yang dicampurkan dengan bahan-bahan lain.

“Komposisinya adalah beras yang ukurannya disesuaikan dengan kencengnya. Lalu juga ada ketan agar memberi kesan pulen. Kemudian, untuk mengaron nasinya itu diberi serai, daun pandan. Untuk cabai dan jeruk nipis nanti diberikannya ketika nasi sudah matang. Campurkan juga bawang merah yang sudah dirajang, dan mentega sedikit saja. Kalo untuk seberapa banyaknya, kami biasanya mengandalkan feeling dalam memasak,” ungkap Yaya.

Nasi bekepor juga bisa dicampurkan dengan potongan ikan asin. Ketika sudah matang, nasi bekepor akan menghasilkan rasa gurih dengan tekstur pulen dan tidak lembek. Selain itu, biasanya nasi bekepor juga disajikan dengan kuliner khas kutai lainnya seperti sambal raja.

Sambal raja memiliki kemiripan dengan sambal terasi. Namun, sambal raja biasanya dicampur dengan bahan-bahan lain seperti tempe, kacang panjang dan aneka sayuran lainnya. Sambal raja sendiri memiliki citarasa asam, manis dan sedikit pedas. Sehingga sangat cocok jika dipadukan dengan nasi bekepor hangat.

Tak hanya nasi bekepor dan sambal raja, dalam acara tersebut, Yaya Wardhana juga memasak menu kuliner Kutai lainnya seperti gangan asam Kutai, udang galah bakar putri karang melenu, sambal goreng udang bawang rambut, lais goreng, dan gence ruan.

Foto : GP Nindya