Parade Kostum Tradisional di Fashion Karnaval Festival Saijaan

Jakarta, GPriority.co.id- Kharisma Event Nusantara (KEN) sebagai salah satu program Kemenparekraf RI dalam mempromosikan destinasi pariwisata dan mendongkrak perekonomian lokal telah menghimpun event – event budaya yang ada di seluruh daerah di tanah air. Salah satu event budaya paling ikonik di kalendar KEN 2022, yakni Festival Budaya Saijaan (FBS).

Festival Budaya Saijaan adalah salah satu event seni budaya asal Kalimantan Selatan dalam daftar 110 kalendar KEN 2022 yang terselenggara pada bulan Juni. FBS pertama kali digelar pada tahun 2013 atas inisiasi Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kotabaru.

Event ini mengambil motto daerah “Saijaan”, dari Bahasa Banjar yang berarti menggambarkan masyarakat Kotabaru berusaha untuk selalu semufakat, satu hati, dan se-iya sekata. Motto tersebut dianggap cocok dengan bersatunya pertunjukan seni budaya, event karnaval, serta promosi destinasi wisata dan ekonomi kreatif lainnya.

Festival Budaya Saijaan 2022 mengusung tema “Magic From The Sea” yang terselenggara di Siring Laut Kota Baru, Kalimantan Selatan.

Perhelatan FBS 2022 ini menghadirkan konsep yang sedikit berbeda dari tahun sebelumnya. Jika sebelumnya pawai budaya dilakukan dengan berkeliling kota, maka  festival Budaya Saijaan tahun ini dikemas seperti fashion karnaval yang menyerupai Jember Fashion Karnaval.

FBS 2022 tidak diselenggarakan secara berkeliling, melainkan berlokasi di pinggir pantai dengan menyediakan panggung untuk tempat para peserta memamerkan atraksi budaya dan kostum–kostum unik mereka.

Hal ini dilakukan sebagai bentuk inovasi untuk meningkatkan kualitas acara setiap tahunnya.

Pawai budaya dan fashion karnaval yang digelar sekaligus dalam rangka hari jadi Kotabaru yang ke–72 dan sebagai bentuk wujud pelestarian seni budaya di Kabupaten Kotabaru.

Pawai budaya dan fashion karnaval FBS 2022 diikuti oleh berbagai peserta dari dalam dan luar Kalimantan. Setidaknya ada 13 Kabupaten di Kalsel yang mengikuti acara ini, tidak terkecuali peserta dari Kabupaten Kotabaru.

Beberapa komunitas, sanggar tari juga ikut ambil bagian berpartisipasi dalam memeriahkan FBS 2022.

Dalam acara ini menampilkan beragam aksesoris kebudayaan Banjar, Dayak sampai pakaian karnaval dengan kostum beraneka bentuk dengan berat puluhan kilogram dikenakan peserta.

Umumnya kostum – kostum peserta dilengkapi dengan aksesoris bertema kehidupan laut dan pantai. Ada yang memakai kostum dengan bentuk kepiting, ikan, kuda laut, hingga mengenakan miniatur perahu di punggungnya.

Selain fashion karnaval, FBS 2022 juga menghadirkan beragam pentas seni dan budaya masyarakat Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, mulai dari pertunjukan musik Alahai – Etnis Bajau Samah Kotabaru, lomba perahu hias, atraksi Tari Tombak Bajau, dan atraksi budaya Titi Tali.

FBS 2022 juga menjadi ajang lomba seni dan olahraga tradisional, seperti lomba konten video kreatif, lomba busana kreasi, lomba lagu Banjar, serta lomba foto budaya dengan tema budaya dan pariwisata di Kotabaru.

Dalam kategori olahraga, FBS 2022 menyelenggarakan Kejuaraan Balogo. Balogo merupakan salah satu jenis permainan tradisional   Kalimantan Selatan yang dimainkan menggunakan panapak dan logo, baik secara beregu maupun perorangan.

Keseruan FSB dilengkapi dengan kehadiran berbagai UMKM ekonomi kreatif dalam ‘Saijaan Expo’. (Vn)

Related posts