Paripurna Penyampaian 3 Buah Raperda Tala

Bertempat di ruang rapat Paripurna DPRD Kabupaten Tanah Laut (Tala), Bupati H.M. Sukamta pada Rabu (23/6) menyampaikan 3 buah Rancangan Peraturan Daerah (Raperda).

Adapun Raperda yang dimaksud,Raperda Tentang Rencana Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (RPLH), Raperda Tentang Penambahan Penyertaan Modal Pemkab Tala kepada PT. Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Selatan, dan Raperda Tentang Perubahan Atas Perda Nomor 6 Tahun 2016 Tentang Pembentukan Dan Susunan Perangkat Daerah.

Menurut Bupati Sukamta, Raperda RPLH wajib disampaikan dikarenakan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup harus dikembangkan dalam suatu sistem terpadu yang terencana dengan baik dan dilaksanakan secara taat asas dan konsekuen dari pusat sampai daerah.

“ Hal ini sesuai dengan UU Nomor 32 yang dirubah menjadi UU Nomor 11 Tahun 2020 Tentang Cipta Kerja yang mengatur RPPLH, disebutkan bahwa RPPLH merupakan perencanaan tertulis memuat potensi, masalah lingkungan hidup serta perlindungan dan pengelolaannya,” ujarnya.

Dengan adanya Raperda tersebut,Sukamta berharap Kabupaten Tala menjadi daerah yang mampu mengelola sumber daya alam dan lingkungan secara efisien, mandiri dan ramah lingkungan.

Terkait dengan Raperda Tentang Penambahan Penyertaan Modal Pemkab Tala kepada PT. Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Selatan, Sukamta menjelaskan bahwa Raperda ini diajukan untuk meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan ekonomi daerah, meningkatkan pendapatan daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Sementara untuk Raperda Tentang Perubahan Atas Perda Nomor 6 Tahun 2016 Tentang Pembentukan Dan Susunan Perangkat Daerah, Sukamta menjelaskan bahwa Raperda ini sangat penting dibuat sebagai bahan evaluasi perangkat daerah dalam rangka penataan struktur perangkat daerah, baik berupa pembentukan baru, penambahan dan penggabungan jumlah perangkat daerah meliputi aspek produktivitas dan efisiensi.(Hs.Foto.dok.DPRD Tala)

 

Related posts