Pemanfaatan Data dalam Penyusunan Strategi Bisnis

Jakarta,Gpriority-Dalam rangka meningkatkan kembali perekonomian Indonesia, Kementerian PPN/Bappenas dalam siaran persnya pada Selasa (24/8/2021) menjelaskan bahwa diperlukan pemanfaatan data dalam penyusunan strategi bisnis. Namun sayangnya tidak semua pengusaha bisa melakukannya. Untuk itulah pada Rabu (25/8/2021) Kementerian PUPR bekerja sama dengan Astra menggelar webinar dengan tajuk pemanfaatan data dalam penyusunan strategi bisnis.

Acara sendiri dibuka dengan sambutan dari Dr.Ir.Taufik Hanafi,MUP selaku Deputi Bidang Pemantauan, Evaluasi, dan Pengendalian Pembangunan Kementerian PPN/Bappenas. Menurut Taufik Hanafi, selaku koordinator satu data Indonesia menyambut baik dengan gelaran acara ini. “ Tentu ini merupakan acara yang sangat penting dan strategis sesuai dengan instruksi Presiden Joko Widodo. Karena dalam instruksi tersebut semua keputusan harus merujuk pada data,” jelas Taufik.

Lebih lanjut dikatakan Taufik, Pandemi Covid-19 telah mempercepat transformasi digital.” Berkat data yang disusun oleh tim satu data Bappenas maka bisa terlihat usaha mana saja yang akan mengalami penurunan dan juga kenaikan termasuk juga dengan cara kerja dan produksi usaha,” jelas Taufik.

Nah, data yang sudah dicatat inilah yang harus dimanfaatkan oleh pengusaha termasuk pengusaha UMKM sehingga mereka bisa menyusun bisnis apa yang akan mereka lakukan di masa pandemi ini.” Jujur pandemi ini membuat sektor perekonomian menjadi kian melemah. Tak hanya itu banyak perusahaan yang juga mengalami kebangkrutan. Hal ini tidak akan terjadi jika mereka mau memanfaatkan data yang sudah dibuat Kementerian Bappenas. Dengan melihat data yang dibuat, saya yakin para pelaku usaha tidak akan mengalami kebangkrutan,” jelas Taufik.

Taufik dalam kesempatan tersebut juga mengajak para pelaku usaha untuk memanfaatkan momen ini, sehingga laju bisnis mereka bisa menjadi kembali maju.(Hs.Foto.dok.Humas Bappenas)

Related posts