Pemkab Bangkalan akan Biayai Sertifikasi Calon Kepala Sekolah

Pemerintah Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur akan membiayai setiap Calon Kepala Sekolah yang akan mengikuti ujian serifikasi, melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten bengkayang.

Pernyataan tersebut diungkapkan oleh Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Bangkalan, Nur Hasan usai rapat paripurna terkait perubahan atas Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Bangkalan Nomer 6 Tahun 2015 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan, yang selanjutnya ditindaklanjuti menjadi Raperda inisiatif DPRD Kabupaten Bangkalan, Selasa (24/08/2021).

“Perda yang ada sekarang harus disesuaikan dengan konten kekinian. Salah satunya tentang kurikulum dan tentang pembiayaan seleksi kepala sekolah itu,” ungkapnya.

Hal tersebut dilakukan sebab salah satu syarat untuk menjadi Kepala Sekolah adalah harus mengikuti sertifikasi Calon Kepala Sekolah. Sementara untuk mendapatkan sertifikat, setiap guru yang berpangkat eselon III C harus mengikuti pelatihan yang membutuhkan biaya cukup besar.

Nur Hasan menuturkan, jika tidak dibiayai oleh Pemda, maka akan sulit untuk mengangkat Kepala Sekolah karena pembiayaan seleksi nantinya akan ditanggung oleh calon Kepala Sekolah itu sendiri.

“Salah satu alasan kenapa hampir 200 sekolah di kabupaten bangkalan tidak dijabat kepala sekolah definitif atau PJ,” imbuhnya.

Di kesempatan yang sama, Wakil Bupati Bangkalan Mohni mengapresiasi raperda inisiatif yang diajukan oleh DPRD tentang penyelenggaraan pendidikan di Kabupaten Bangkalan.

“Itu kita sejalan dan sepaham dengan pandangan DPRD ini. Agar penyelenggaraan pendidikan di Bangkalan semakin baik,” tutupnya. (dwi.foto.dok.Kominfo Bangkalan)

Related posts