Pemerintah Provinsi Kaltara Terima Penghargaan pada Anugerah Merdeka Belajar 2024

Jakarta, GPriority.co.id – Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) menerima penghargaan kategori Transformasi Pengelolaan Pendidikan Kelompok Pemda Transformatif Provinsi dari Kemendikbudristek RI pada Anugerah Merdeka Belajar 2024 di Jakarta, Jumat (5/7) malam.

“Kategori yang Kaltara dapatkan di tahun ini adalah (kategori) Transformasi Pengelolaan Pendidikan Kelompok Pemda Transformatif Provinsi,” kata Gubernur Kaltara Zainal A Paliwang saat ditemui GPriority setelah acara, Jumat (5/7).

Penghargaan ini diberikan kepada pemerintah daerah yang telah menunjukkan komitmen dalam membentuk Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan serta Tim Pencegahan dan Penanganan Kekerasan (TPPK) yang dilengkapi dengan regulasi turunan pencegahan dan penanganan kekerasan di satuan pendidikan (PPKSP).

Provinsi Kaltara dinilai melaksanakan proses perencanaan dan penyediaan regulasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang transparan, objektif, dan akuntabel.

Selain itu, Kemendikbudristek menilai Provinsi Kaltara mengalami peningkatan Angka Partisipasi Sekolah (APS) dan menjadi pendorong peningkatan indeks Standar Pelayanan Minimal (SPM) dalam aspek literasi, numerasi, iklim keamanan sekolah, iklim kebinekaan, serta inklusivitas dalam dua tahun terakhir.

Sebagai informasi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudistek) melalui Ditjen PAUD Dikdasmen menyelenggarakan Anugerah Merdeka Belajar di Jakarta, Jumat (5/7/2024). Kegiatan ini adalah tahun kedua Anugerah Merdeka Belajar digelar setelah tahun pertama sukses diselenggarakan.

Anugerah Merdeka Belajar merupakan apresiasi yang diberikan kepada pemerintah daerah yang berkomitmen dan membuat aksi nyata dalam melakukan peningkatan kualitas pendidikan. Pada kesempatan tersebut, berbagai capaian implementasi gerakan Merdeka Belajar di seluruh Indonesia mendapatkan pengakuan dan apresiasi.

Foto: GPriority/Ahmad Faqih Zuhair