Pemkot Ambon Adakan Kegiatan Belajar Matematika dengan Metode Gasing

Ribuan siswa tingkat SD dan SMP bersama dengan guru di Kota Ambon, Provinsi Maluku mengikuti pelajaran Matematika dengan metode GASING akronim dari metode Gampang, Asyik, dan Menyenangkan, secara virtual, Rabu (01/09/2021).

Metode tersebut diajarkan oleh pakar matematika dan fisikawan ternama Prof. Yohanes Surya, dan merupakan rangkaian dari kegiatan HUT ke-446 Kota Ambon.

Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy menjelaskan tujuan dilaksanakan Beta Gasing adalah untuk peningkatan kualitas pendidikan di kota Ambon, yang saat ini masih berlangsung secara daring dari rumah karena Pandemi Covid-19.

“Pembelajaran secara daring inilah yang menjadi hambatan sekaligus tantangan bagi Pemkot Ambon dalam upaya meningkatkan atau setidaknya menjaga kualitas dan mutu pendidikan, sebagaimana saat pembelajaran tatap muka dilakukan,” katanya.

Pelajaran Matematika sering kali dianggap mata pelajaran yang menakutkan bagi siswa, sehingga sulit dipahami baik dalam pembelajaran tatap muka, apalagi secara daring. Walkot juga menuturkan karena siswa tidak bisa mengerjakannya sendiri, alhasil tugas siswa dikerjakan oleh orang tua.

Diketahui Pemerintah Kota Ambon sudah bekerja sama dengan Prof. Yohanes Surya dan Surya Institute, dalam gerakan Ambon Pandai Matematika sejak 2012 silam.

Kerjasama itu juga terus berlanjut dengan program Genius, yakni mengirim siswa terpilih yang belajar langsung di Surya Isntitute, serta pemberian beasiswa bagi siswa berprestasi untuk dididik sebagai Guru Masa Depan.

Sementara itu, Prof. Yohanes Surya dalam pengalamannya bekerjasama dengan Pemkot Ambon, meyakini anak- anak Ambon memiliki kecerdasan dan mampu bersaing dengan anak – anak dari kota besar lain.

“Saya percaya ketangguhan anak – anak Ambon, salah satunya berawal dari pendidikan yang berkualitas,” pungkasnya. (Dwi.foto.dok. Humas Ambon)

Related posts