Pendaftaran Beasiswa LPDP 2023 Dibuka Hari Ini, Berikut Alurnya

Jakarta,GPriority.co.id – Program beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) 2023 tahap I dibuka hari ini, Rabu (25/1). Periode pendaftaran berlangsung selama sebulan penuh hingga tanggal 25 Februari.

Melansir dari laman resmi Beasiswa LPDP, calon peserta yang tertarik untuk menerima program beasiswa tersebut sudah bisa melakukan pendaftaran secara online melalui situs https://beasiswalpdp.kemenkeu.go.id/.

Sebelum melakukan pendaftaran, calon peserta diharuskan untuk mempersiapkan dokumen yang akan digunakan sebagai persyaratan penerimaan beasiswa LPDP. Setelah semua siap, dokumen akan diunggah melalui aplikasi dan submit pendaftaran untuk ke tahap berikutnya yaitu seleksi.

Seleksi LPDP tahun ini rencananya akan digelar secara hybrid yaitu online dan offline. Maka dari itu, calon peserta wajib memilih kota/lokasi seleksi yang disediakan LPDP sesuai dengan domisili masing-masing ketika proses pendaftaran.

Program beasiswa LPDP tahun ini tersedia untuk program umum dan program targeted. Program umum diantaranya adalah beasiswa reguler, beasiswa perguruan tinggi utama dunia, dan beasiswa parsial. Sementara program targeted terdiri atas beasiswa PNS, TNI, Polri, beasiswa kewirausahaan, beasiswa pendidikan kader ulama, dan beasiswa dokter spesialis dan subspesialis.

Berikut alur pendaftaran dan seleksi LPDP tahap I tahun 2023:

  • Pendaftaran LPDP dibuka pada tanggal 25 Januari – 25 Februari 2023
  • Setelah melakukan pendaftaran, peserta akan melakukan seleksi administrasi pada 27 Februari – 11 Maret 2023
  • Pengumuman hasil seleksi administrasi baru bisa dilihat tanggal 14 Maret 2023
  • Selanjutnya, peserta LPDP akan melakukan seleksi bakat skolastik pada 27 – 29 Maret 2023
  • Pengumuman seleksi bakat skolastik tanggal 5 April 2023
  • Peserta akan melaksanakan seleksi substansi pada 10 – 15 April dan 2 – 31 Mei 2023
  • Pengumuman hasil seleksi substansi tanggal 8 Juni 2023
  • Hasil akhir penerimaan LPDP dapat dilihat pada Juli 2023.

Setelah tahap pertama selesai, LPDP juga akan kembali membuka pendaftaran tahap II pada 9 Juni – 9 Juli 2023. Semua jadwal tahapan seleksi bisa Anda lihat melalui laman lpdp.kemenkeu.go.id. (Hn.Kemenkeu)