Pendaftaran Kualifikasi Esports PON Papua XX Masih Dibuka, Ini Cara Daftarnya

Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua XX 2021 kali ini ada yang berbeda, sebab tahun ini olahraga esports akan dipertandingkan dalam cabang olahraga eksibisi PON Papua XX.

Hal tersebut menjadi sejarah baru dalam perkembangan olahraga esports di Indonesia, untuk pertama akan dipertandingkan dalam multievent berskala nasional. Olahraga elektronik ini tercatat sebagai salah satu dari 10 cabor yang dipertandingkan dalam Ekshibisi PON XX Papua 2021. Akan ada beberapa gim esports yang akan dipertandingkan, diantaranya Free Fire, Mobile Legends, eFootball PES 2021, dan Lokapala

Adapun saat ini masih terbuka pendaftaran babak kualifikasi esports, bagi semua warga Indonesia. Pendaftaran dan seluruh rangkaian kegiatan eksibisi esports bisa diakses melalui platform garudaku.com.

Tahap pendaftaran di Garudaku telah dibuka sejak 18 Agustus 2021. Akan ada dua babak seleksi yaitu Babak kualifikasi provinsi akan diselenggarakan pada 25 Agustus-5 September 2021, dan tahapan Pra-PON pada 7-14 September 2021.

Setelah itu eksibisi esports PON XX Papua akan diselenggarakan pada tanggal 22-26 September di Stadium Hoki Indoor Doyo Baru, Jayapura.

Sebelum mendaftar, pastikan sudah memiliki akun Garudaku dengan mengunjungi situs garudaku.com, dan klik “Buat Akun Baru”. Jika Sudah memiliki akun, berikut langkah-langkah mendaftar kualifikasi esports PON XX Papua 2021:
1.Kunjungi situs Garudaku di garudaku.com
2. Klik “Masuk” lalu masukan “Username/Nomor Telepon” dan “Kata Sandi”
3. Pada laman “Home” klik “PON XX”
4. Klik menu “Informasi”
5. Klik “Ikut Kualifikasi”
6. Pada laman “Turnamen” klik salah satu nomor pertandingan berdasarkan provinsi. Misalnya, “Kualifikasi Provinsi DKI Jakarta – eFootball PES 2021” lalu klik “Daftar”
7. Centang form “Saya sudah membaca dan menyetujui aturan yang tertera di atas” setelah membacanya, lalu klik “Lanjutkan”
8. Centang form “Saya sudah memenuhi persyaratan di atas” setelah membacanya, lalu klik “Lanjutkan”
9. Klik “Join Tournament”
10. Ikuti petunjuk selanjutnya hingga proses pendaftaran tuntas

Berikut syarat dan ketentuan pendaftarannya:
1. Kompetisi ini terbuka untuk umum, seluruh peserta diperbolehkan berpartisipasi di PON Esports;
2. Batas usia minimal untuk mengikuti PON Esports adalah 13 tahun di bulan Agustus tahun 2021. Bagi peserta yang berusia 17 tahun ke bawah dan atau tidak memiliki KTP wajib menyertakan identitas pendukung resmi lainnya seperti kartu keluarga, Kartu Identitas Anak (KIA), dan lainnya, serta juga menyertakan surat izin orang tua;
3. Peserta wajib berstatus sebagai Warga Negara Indonesia;
4. Peserta harus mendaftarkan diri sesuai dengan format yang telah ditentukan oleh Panitia PON Esports, jika terdapat kekurangan persyaratan peserta tidak dapat mengikuti kualifikasi provinsi;
5. Setiap peserta hanya diperbolehkan mengikuti kualifikasi provinsi sebanyak 1x dan harus mengikuti kualifikasi sesuai dengan domisili di KTP/Identitas pendukung resmi lainnya;
6. Seluruh peserta diwajibkan memiliki device masing-masing dan internet yang stabil karena kompetisi ini dari tahap kualifikasi provinsi akan dilakukan secara online;
7. Seluruh peserta dilarang menggunakan tablet/emulator dalam bentuk apa pun pada saat berkompetisi.

Dari 33 tim perwakilan provinsi, yang akan memperebutkan slot ke PON diantaranya yatu, 11 tim Free Fire, 4 tim Lokalapa, 5 orang pemain PES, dan 5 tim Mobile Legends. (Dwi.foto.dok. Garudaku)

Related posts