Penuh Drama, Ini Aturan Asli Piala AFF U-19 2022 yang Gagalkan Timnas Indonesia

Jakarta,GPriority.co.id – Pada gelaran Piala AFF U-19 2022, Timnas U-19 Indonesia harus tersingkir di fase grup setelah memetik hasil gemilang di laga terakhir kontra Myanmar dengan skor 5-1 pada Minggu, (10/7/2022).

Tim Garuda Muda harus rela melepaskan diri dari persaingan juara Piala AFF U-19 2022 setelah duduk di urutan ketiga klasemen Grup A. Tim Indonesia kalah dari Vietnam dan Thailand meski mengoleksi poin yang sama.

Kepastian itu tentunya terasa menyakitkan bagi seluruh pecinta sepak bola Tanah Air termasuk para pemain dan staf kepelatihan Timnas U-19 Indonesia. Pasalnya, Garuda Muda unggul jauh dari segi agresivitas maupun selisih gol atas Vietnam dan Thailand.

Lantas, bagaimana bisa Timnas U-19 Indonesia tersingkir karena unggul selisih gol, sedangkan Vietnam dan Thailand melaju ke semifinal Piala AFF U19 2022? Berikut penjelasan mengenai sistem kompetisi Piala AFF 2022:

Pada pasal 12.2.4 regulasi Piala AFF U-19 2022 tentang bab sistem kompetisi yang berbunyi: “Jika ada dua tim atau lebih memiliki poin identik, penentuan posisi akhir setiap tim tersebut ditentukan lewat head-to-head.” Kriteria head-to-head dalam pasal tersebut dituliskan secara berurutan yaitu perolehan poin, selisih gol, dan agresivitas gol.

Menurut hitung-hitungannya, Timnas U-19 Indonesia, Vietnam dan Thailand harus ditentukan kembali karena perolehan poin mereka sama (11). Tiga Negara tersebut akan diadu secara head-to-head dari hasil pertandingan ketiganya.

Berdasarkan hasil pertandingan, Timnas U-19 Indonesia selalu meraih hasil imbang (0-0) ketika bertemu Vietnam dan Thailand. Sedangkan di partai terakhir, keduanya ‘sepakat’ untuk berbagi angka dengan gol (1-1).

Dengan demikian, kemenangan telak Indonesia atas Brunei (7-0), Filipina (5-1), dan Myanmar (5-1) tidak lagi ‘berguna’ karena hitung-hitungan head to head harus dilakukan secara berurutan. (Hn.Foto.dok.AFF)

Related posts