Pesawat TNI Pengangkut Alat Kesehatan Dari China Disemprotkan Disinfektan di Natuna

Jakarta,Gpriority-Pesawat TNI yang membawa alat kesehatan dari Shanghai China disemprot disinfektan di Natuna Kepulauan Riau.

Penyemprotan disinfektan ini sesuai dengan protokol badan kesehatan dunia (WHO) guna menghindari impor covid-19 melalui armada pesawat  TNI yang mengangkut alat kesehatan  dari negeri tirai bambu. Sebelumnya pesawat dengan nomor ekor A1333 dari squadron udara 32 Lanud Abdurahman Saleh Malang menempuh perjalanan kurang lebih selama 27 jam sejak sabtu lalu.

“Kami harus menerapkan sejumlah prosedur berdasarkan protokol kesehatan dari WHO terhadap kru, pesawat, dan barang bawaan agar terhindar dari potensi terbawanya virus Covid-19 dari Tiongkok,” ujar Kasubdispenum Dispenau Kolonel (Sus) Muhammad Yuris dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (23/3/2020).

Yuris menjelaskan, setibanya di Natuna TNI AU juga melakukan isolasi terhadap kru pesawat. “Termasuk melakukan isolasi terhadap kru pesawat untuk diobservasi kesehatannya,” kata dia.

Yuris menambahkan, pesawat tersebut kini sudah tiba di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, pada Senin (23/3/2020) pagi. 

Adapun alat kesehatan yang dibawa dari China yang merupakan hasil kerjasama G to G antara Pemerintah Indonesia dan China berupa disposable masks, N95 masks, protective  clothing, goggles, gloves, shoe covers, infrared thermometer, dan surgical caps.(Hs)

Related posts