Pesta Budaya Nias Lewat Festival Pesona Aekhula

Jakarta, GPriority.co.id – Pemerintah Kabupaten Nias Barat dan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Nias Barat kembali menggelar Festival Pesona Aekhula yang akan dilangsungkan pada 18 Juni – 22 Juni 2022 di Kecamatan Sirombu, Kabupaten Nias Barat.

Festival Pesona Aekhula merupakan salah satu event unggulan dari Nias Barat, Sumatera Utara yang telah masuk dalam jajaran 110 Kharisma Event Nusantara (KEN) 2022.

Mengangkat Tema The Spirit of Aekhula, event ini dimaksudkan sebagai wujud ungkapan semangat kebersamaan dan gotongroyong dari seluruh masyarakat Nias Barat untuk membangkitkan geliat pariwisata, budaya dan ekonomi yang sempat terpuruk di masa pandemi Covid-19.

Festival Pesona Aekhula 2022 akan diisi dengan berbagai kegiatan dan atraksi budaya khas Nias Barat, seperti tarian tradisional, musik, dan pertunjukan tradisional lainnya. Masyarakat juga akan dihibur oleh artis-artis ternama Pulau Nias. Selain itu, FPA 2022 juga mengadakan berbagai perlombaan yang bisa diikuti masyarakat agar turut memeriahkan FPA 2022 sekaligus menunjukan potensi bakat masyarakat Nias Barat.

Kegiatan lomba yang digelar dalam FPA 2022, diantaranya  lomba Aekhula Voice, lomba kerajinan tangan, lomba mancing mania, lomba kuliner, lomba spot foto, dan festival laying – layang. Untuk lomba Aekhula Voice sendiri bisa diikuti perorangan (solo) maupun grup beranggotakan 6 – 10 orang. Dalam lomba ini, peserta diharuskan menyanyikan lagu daerah. Peserta juga harus tampil mengenakan kostum bernuansa ornamen Nias.

Selain lomba menyanyi, panitia FPA 2022 juga mengadakan lomba memancing. Lomba mancing mania akan diselenggarakan di Kolam Ikan Tugala Gawu, Kecamatan Sirombu pada 20 Juni. Disini peserta harus berlomba untuk mendapatkan ikan paling banyak dalam waktu yang sudah ditentukan.

Adapun lomba spot foto merupakan lomba untuk membuat spot foto terbaik di Pantai Sirombu. Pemenang lomba ditentukan berdasarkan gambar spot foto dengan jumlah like terbanyak yang diunggah di Instagram Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Nias Barat.

Lomba terakhir yang tidak kalah seru adalah festival layang – layang. Perlombaan ini dibuka untuk umum, individu maupun kelompok. Setiap peserta diharuskan membuat satu layang – layang yang dipamerkan dan diterbangkan di Pantai Sirombu.

Festival Pesona Aekhula pertama kali digelar pada 2018 dan dilaksanakan kembali tahun 2019. Tahun 2020 dan 2021 event ini harus terhenti akibat pandemi Covid-19. Kembalinya festival ini di tahun 2022 diharapkan dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan baik lokal, nusantara maupun mancanegara. (Vn)

Related posts