Pilih jadi peternak ketimbang pegawai Eureka Sukses di Bisnis Lebah

Tahun 2006, Eureka Indra Zatnika,S.Pt mencoba melamar sebagai administrasi di salah satu perusahaan peternakan lebah. Meskipun di terima, Eureka ternyata ditempatkan di bagian lapangan sebagai peternak lebah bukan sebagai administrasi sesuai dengan yang diinginkan.

Meski tidak sesuai dengan keinginan, Eureka tetap menjalankan pekerjaan tersebut. Kepada Gpriority yang mewawancarainya via WhatsApp pada 15 Oktober 2021, Eureka mengaku bahwa awalnya merasa takut, karena setiap kali tersengat lebah, pasti langsung bengkak dan benjol. Namun seiring berjalannya waktu, rasa sakit akibat tersengat lebah tidak lagi dia rasakan. Justru Eureka yang pada saat ini menginjak usia 37 tahun menikmatinya.

Tahun 2013, Eureka memutuskan untuk keluar dari perusahaan tersebut dan mendirikan peternakan lebah miliknya. Dengan bermodalkan uang sebesar Rp.10 juta, Eureka pun membeli 20 kotak lebah jenis  apis mellifera.

Eureka yang sudah memiliki pengalaman di bidang usaha lebah mengaku tidak terlalu sulit untuk memasarkan produknya dikarenakan saat berada di perusahaan yang lama dirinya juga diajarkan mengenai teknik menjual madu.

“ Untuk memasarkan madu yang dihasilkan dari lebah dan bibitnya, saya menggunakan teknik pemasaran melalui offline dan online. Untuk online, saya sudah menjalin kerja sama dengan transmart,kuntum,botani, beberapa restoran serta koperasi yang ada di pabrik Sejabodetabek,” jelas Eka.

Dari pemasaran bibit lebah dan madu serta ditambah dengan jasa pelatihan dan wisata lebah, Eureka mengaku bahwa dalam setiap bulannya dirinya mampu menghasilkan kurang lebih 100 juta perbulannya.

Biodata:

Nama: Eureka Indra Zatnika,S.Pt.

Usia : 37 Tahun

Alamat: Jalan Genteng Raya Nomor 43, Desa, Sukamanah, Kelurahan Genteng, Bogor Selatan

Related posts