Pj Gubernur Andap Resmikan Gedung Poliklinik dan Manajemen RS Jiwa Sultra

Kendari, GPriority.co.id – Pj. Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Komjen Pol. (P) Dr. (H.C) Andap Budhi Revianto, S.I.K., M.H meresmikan gedung Poliklinik dan Manajemen Rumah Sakit Jiwa Prov. Sultra di jalan Dr. Sutomo No. 29 Kota Kendari, pada Selasa (2/7) kemarin.

Pada laporannya, Direktur RS. Jiwa Prov. Sultra, Dr. dr Putu Agustin Kusumawati., M. Kes menyampaikan bahwa proses pembangunan ini kurang lebih memakan waktu 185 hari atau sekitar 6 bulan 5 hari, dengan Dana Alokasi Khusus (DAK) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI Tahun 2023 sebesar Rp. 30,86 miliar rupiah. Luas bangunanannya yaitu 2.100 meter persegi, sehingga alokasi anggaran Rp. 44.206.958.380.

Pembangunan gedung diinisiasi oleh Gubernur Sultra Periode 2018-2023, Ali Mazi, kemudian dikoordinasikan bersama Kemenko Bidang PMK, Kemenkes, KSP, Sekab dan Bappenas, melalui anggaran DAK 2023 serta selesai pada era Pj Gubernur Sultra Andap Budhi Revianto.

Adapun fasilitas kesehatan yang tersedia di RS Jiwa Sultra antara lain meliputi fasilitas layanan rawat jalan, Poliklinik Psikiatri, Poliklinik Psikologi, Poliklinik Endodoncia, Poliklinik Rehabilitasi Medik, Instalasi Gawat Darurat dan rawat inap dengan kapasitas 194 tempat tidur. RS Jiwa Sultra dilengkapi Spesialis Kedokteran Jiwa sebanyak 4 orang.

Pada sambutannya, Pj. Gubernur Sultra menyampaikan Rumah Sakit ini adalah kelas B dan sudah terakreditasi dengan predikat “BAIK”.

“Januari sampai 1 Juli tercatat 6.492 kasus yang ditanggani RS. Jiwa dengan rincian rawat jalan yaitu Psikotik atau ganguan jiwa berat 4.965 kasus, non Psikotik atau ganguan jiwa sedang 980 kasus, rawat inap psikotik 542 kasus dan rawat inap visum 5 kasus,” ujarnya.

Lebih lanjut, Pj. Gubernur Andap juga menyampaikan sebuah pesan agar pihak RS Jiwa Sultra dapat membuat himbauan untuk meningkatkan kesehatan mental masyarakat.

“Satu hal yang saya pesan kepada Direktur RS. Jiwa, tentu kita ada proses dalam mengingatkan masyarakat lebih memandang kesehatan itu hanya fisik saja tapi kesehatan mental juga, sehingga buatlah himbauan-himbauan tentang bagaimana hidup sehat,” tuturnya.

Foto : PPID Sultra