PLN IP Sukses Raih Laba Bersih Rp8,19 Triliun di Tahun 2023

Jakarta, gpriority.co.id – PT PLN Indonesia Power (PLN IP) berhasil mencatatkan laba bersih sebesar Rp8,19 triliun untuk tahun buku 2023, melebihi target Rencana Kerja dan Anggaran (RKAP) sebesar Rp8,11 triliun yang ditetapkan, mencapai 101 persen dari target tersebut.

Darmawan Prasodjo, Direktur Utama PT PLN (Persero) mengakui bahwa pencapaian ini merupakan hasil dari transformasi korporasi yang telah dilakukan oleh PLN Indonesia Power selama tahun terakhir.

“Prestasi ini tidak terlepas dari kerja keras seluruh direksi, komisaris, dan Insan PLN IP. Kami dari pemegang saham memberikan apresiasi atas kinerja terbaik yang telah dihasilkan perusahaan,” ujar Darmawan dalam keterangannya dilansir pada Senin (1/6).

Keberhasilan ini disahkan dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Laporan Perhitungan Tahunan PLN Indonesia Power untuk Tahun Buku 2023, yang menekankan komitmen perusahaan terhadap keberlanjutan energi dan inovasi dalam mendukung pertumbuhan ekonomi nasional.

Edwin Nugraha Putra, Direktur Utama PLN Indonesia Power, menambahkan bahwa Laporan Kinerja Keuangan Tahun Buku 2023 mencatatkan Nilai Kinerja Organisasi (NKO) sebesar 103,40 persen, yang merupakan yang terbaik dalam sejarah perusahaan, meskipun menghadapi pelemahan nilai tukar rupiah.

“Capaian laba bersih tahun 2023 sebesar Rp8,19 triliun atau 101 persen dari target RKAP menunjukkan peningkatan penjualan listrik sebesar 79.989 GWh, melampaui target RKAP sebesar 74.404 GWh,” katanya.

Edwin menekankan bahwa capaian ini merupakan hasil dari inovasi dan transformasi yang dilakukan oleh PLN Indonesia Power. Perusahaan juga meningkatkan kapasitas dan kapabilitas dalam pengembangan pembangkit, baik melalui co-investment maupun non co-investment.

Selain itu, PLN Indonesia Power mempercepat pembentukan corporate transformation office untuk memonitor target-target program dengan lebih baik.

“Dengan strategi Global Innovative Growth, Performance Excellence, dan Sustainable Power Generation, kami optimistis dapat terus mendorong pertumbuhan perusahaan menuju kesuksesan yang lebih besar di masa mendatang,” tambah Edwin.

Foto: PLN IP