Pro Lanteraku Masuk 5 Besar Nominasi OAPSI, Gubernur Kaltara: Pendorong untuk Bekerja Lebih Produktif

Penulis: Dimas | Editor: Lina F | Foto: PPID Kaltara

Tanjung Selor, GPriority.co.id – Program Layanan Dokter Terbang Kalimantan Utara (Pro Lanteraku) berhasil masuk Top 5 nominasi OAPSI (Outstanding Achievement of Public Service Innovation) ajang Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) 2023.

Hal menggembirakan tersebut, disampaikan langsung oleh Deputi Bidang Pelayanan Publik, Prof. Dr. Diah Natalisa, MBA melalui kanal resmi youtube Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Kementerian PANRB), Senin (31/7).

Dalam kesempatan berbeda, Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), Drs. H. Zainal A Paliwang, S.H., M.Hum mengaku, masuk Top 5 nominasi OAPSI menjadi suatu kebanggaan.

Ia pun berharap agar inovasi ini tidak berhenti sampai disini saja, melainkan terus berkarya dan berkontribusi untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Tentu ini menjadi pendorong bagi kita semua untuk bekerja lebih produktif dan menghadirkan berbagai inovasi pelayanan untuk masyarakat,” ujar Zainal dalam rilis resminya, Selasa (1/8).

Perlu diketahui, Pro Lanteraku salah satu langkah inovatif untuk meningkatkan pelayanan kesehatan di daerah yang sulit dijangkau. 

Pro Lanteraku adalah program inovatif yang melibatkan tenaga medis yang akan “terbang” atau menggunakan sarana transportasi khusus untuk mencapai daerah-daerah terpencil di Kaltara.

“Keberhasilan inovasi ini masuk dalam TOP 5 OAPSI merupakan suatu kehormatan dan membuktikan bahwa upaya dalam pengembangan inovasi di sektor kesehatan ini mendapatkan apresiasi,” pungkas Zainal.

Adapun beberapa instansi yang masuk dalam Top 5 OAPSI meliputi, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, melalui Proper Tingkatkan Ketaatan, Pacu Efisiensi, Dorong Inovasi Industri dan Berdayakan Masytrakat untuk Pembangunan Berkelanjutan. Kemudian, Pemprov DKI Jakarta, CEK DAN SADARI (Cegah Kanker Serviks dengan Mobil Deteksi Kanker HIBISCUS dan Motor BUNGA INDAH) .