Ruang Terbuka Publik Eks Pasar Bandungan untuk Masyarakat Semarang

Tempat wisata baru terus bermunculan di Kota Semarang salah satunya ruang terbuka publik yang dibangun di wilayah eks Pasar Bandungan.

Dalam siaran persnya melalui laman medsos pada Rabu (12/1/2021), PUPR menjelaskan bahwa terciptanya ruang terbuka publik eks Pasar Bandungan dikarenakan pada saat ini Bandungan menjadi primadona wisatawan di Semarang. Seiring dengan banyaknya tempat wisata baru yang terus bermunculan di sekitar kawasan tersebut, kepadatan lalu lintas kerap terjadi, terutama pada akhir pekan.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Kementerian PUPR merampungkan pembangunan Ruang Terbuka Publik Eks Pasar Bandungan. Selain sebagai ruang terbuka publik, RTP ini juga berfungsi untuk mengatasi kemacetan.

Penataan kawasan disesuaikan dengan fungsi kota dan didesain sedemikian rupa sehingga selaras dengan alam Bandungan.

Lingkup pekerjaan yang dilakukan mencakup pekerjaan landscape berupa pembangunan Patung Gunungan Wayang, jalur pedestrian, view deck, dan penataan kawasan yang dihiasi dengan berbagai tanaman di antaranya bunga bakung, bunga amarilis, bunga celosia, cemara norfolk, salvia, angelonia, hymenocalis, dan rumput jepang/manila.
PUPR berharap tidak lama lagi ruang terbuka publik eks Pasar Bandungan bisa dirasakan manfaatkan untuk masyarakat Semarang.(Hs.Foto: PUPR)

Related posts