Saat Gibran Menunduk Mencari Jawaban Mahfud: Saya Nyari Dimana Jawabannya?

Jakarta, GPriority.co.id – Kembali tingkah Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka ditunjukkan saat sedang sesi tanya jawab bersama Cawapres nomor urut 2, Mahfud MD.

Dalam momentum tersebut, Gibran dan Mahfud saling bertukar sindiran ketika membahas isu “green inflation” selama diskusi, yang dimulai dari pertanyaan Gibran kepada Mahfud.

Hal itu terjadi saat Gibran meminta pandangan Mahfud mengenai istilah yang terbentuk dari penggabungan frasa “green inflation”.

Kemudian, Mahfud memberikan penjelasan tentang ekonomi sirkuler sebagai tanggapan terhadap pertanyaan Gibran.

“Apapun diproduksi kemudian dimanfaatkan kemudian di-recycle, karena saya punya cerita kalau bicara recycle ekonomi hijau saya bangga sebagai orang Madura. Karen orang Madura yang pertama dulu yang pelopori ekonomi hijau, ekonomi sirkular. Orang Madura pungut sampah plastik kemudian diolah.” jawab Mahfud.

Namun, Gibran tampak tidak puas dengan jawaban Mahfud, ia menunjukkan ketidakpuasan dengan berkeliling seolah mencari sesuatu di kejauhan dan menundukkan kepala seakan sedang mencari sesuatu yang terjatuh di lantai sebagai respon terhadap penjelasan tersebut.

Setelah beraksi konyol seakan mencari sesuatu dari kejauhan, Gibran langsung mengklarifikasi bahwa dia sedang mencari jawaban dari Mahfud.

“Saya lagi nyari jawabannya Prof Mahfud. saya nyari-nyari di mana ini jawabannya kok enggak ketemu jawabannya, saya tanya masalah inflasi hijau kok malah menjelaskan ekonomi hijau,” ungkap Gibran.

Kemudian, Mahfud diminta tanggapan terhadap pernyataan Gibran. Ia menanggapi dengan menyebut respons Gibran sebagai kurang serius, sehingga dianggap tidak perlu direspons.

“Saya juga ingin cari jawabannya, ngawur juga tuh. Gila nih, ngarang-ngarang enggak karuan. Mengaitkan dengan sesuatu yang tidak ada,” ucap Mahfud.

“Kalau akademis itu, gampangnya kalau bertanya-tanya yang kayak gitu recehan. Oleh sebab itu, itu tidak layak dijawab menurut saya,” sambungnya.

Sebagai informasi, Topik yang dibicarakan melibatkan pembangunan yang berkelanjutan, sumber daya alam, lingkungan, energi, pangan, agraria, masyarakat adat, dan desa.

Foto: YouTube KPU RI