Sekda Sultra Dukung Peran Strategis Komunitas Informasi Masyarakat

Kendari, GPriority.co.id – Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sulawesi Tenggara Drs. Asrun Lio, M.Hum., Ph.D., mendukung langkah strategis Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) dalam percepatan pembangunan daerah tertinggal.

Hal ini disampaikan Asrun Lio saat Bimbingan Teknis (BIMTEK) KIM di SwissBelhotel Kendari, Selasa (25/6).

“Melalui BIMTEK ini, diharapkan dapat semakin memperkuat peran strategis KIM,” kata Asrun Lio dalam keterangan resminya dikutip, Rabu (26/6).

Asrun Lio juga menyampaikan apresiasi yang Direktorat Tata Kelola Informasi, Kemitraan Komunikasi Publik karena Provinsi Sulawesi Tenggara dipercaya sebagai tuan rumah pelaksanaan kegiatan Bimtek Wilayah Sulawesi Dan Wilayah Rencana Aksi Nasional Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal (RAN PPDT).

“Perkembangan teknologi yang begitu cepat tentunya sejalan dengan informasi yang diperoleh masyarakat. Sehingga diperlukan kearifan dalam memanfaatkan teknologi, agar informasi yang sampai kepada masyarakat adalah informasi yang baik dan positif,” tutur Sekda.

Lebih lanjut, Sekda Asrun Lio berharap KIM dengan berbagai perannya, dapat ikut serta membantu Pemerintah Daerah dalam upaya mencerdaskan bangsa, memberdayakan masyarakat, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui informasi yang positif.

Sebagai informasi, Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) Adalah Komunitas yang dibentuk oleh masyarakat, dari masyarakat dan untuk masyarakat, yang secara mandiri dan kreatif melalui kegiatan pengelolaan informasi dan pemberdayaan masyarakat dalam rangka meningkatkan nilai tambah taraf kehidupannya.

Sebagai lembaga masyarakat yang bergerak di bidang pengelolaan informasi, kim memiliki arti yang penting sebagai mitra pemerintah dan sebagai bagian dari jaringan sistem informasi nasional dalam desiminasi informasi dan penyerapan aspirasi masyarakat.

Cukup banyak Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) yang ada di Sulawesi Tenggara dan telah berhasil meningkatkan pengetahuan masyarakat di berbagai bidang melalui diseminasi, contohnya Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) Graha Asri Watulondo Kota Kendari yang telah menorehkan prestasi nasional dengan kategori KIM INOVATIF pada Festival Komunitas Informasi Masyarakat (KIMFEST) tahun 2023 tahun lalu di Kota Surabaya.

Foto: Pemprov Sultra