Sisa 294 Vaksin Covid-19 di Aceh Tamiang Diprioritaskan untuk Lansia

Aceh Tamiang, Gpriority – Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Tamiang, dr Hardeky menyebutkan, sejak bulan Februari hingga Mei 2021 jumlah Vaksin Sinovac yang diterima sebanyak 12.274 dosis.

“Dari total jumlah tersebut, 9.334 dosis telah kami salurkan pada tahap 1 dan 2. Sementara sisanya yang sebanyak 2.940 dosis atau 294 vial,” kata dr Hardeky kepada Gpriority, Senin, (24/5/2021).

Menurutnya sisa vaksin Sinovac yang ada saat ini di prioritaskan terhadap para lansia. Ia menyebutkan, pihaknya saat ini tinggal menunggu data valid dari para petugas lapangan yang melakukan pendataan terhadap lansia yang bersedia di lakukan vasin.

Untuk itu, Hardeky belum dapat memastikan kapan jadwal pastinya pemberian vaksin itu kepada para lansia. “Yang pastinya ketika jumlah yang ditargetkan cukup, akan segera di lakukan vaksin terhadap mereka,” katanya.

Akan tetapi, jika jumlahnya nanti tidak mencukupi, Hardeky mengaku, sisa vaksin tersebut akan dialihkan kepada pihak lain, seperti petugas BUMN, BUMD, dan pejabat publik lainnya.

“Sebab, saat ini ada banyak beberapa yang sudah ada yang meminta kepada kami untuk di lakukan vaksin,” sebutnya.

Disinggung apakah stok yang tersisa saat ini mencukupi, Hardeky mengaku cukup. Bahkan, ia menyebutkan jika pihaknya saat ini telah mengusulkan vaksin tambahan sebanyak 120 vial atau sekitar 1200 dosis.

“Kemungkinan jika tidak terdapat kendala di jalan dalam pengiriman, vaksin tersebut akan tiba di Aceh Tamiang besok,” ujarnya.(Zul)

Related posts