Tanggung Jawab Moral, Dirjen Aptika Kominfo Mengundurkan Diri Setelah Serangan Siber

Jakarta, GPriority.co.id – Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, Semuel Abrijani Pangerapan, mengundurkan diri sebagai bentuk tanggung jawab moral atas gangguan siber terhadap Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2 di Surabaya.

“Saya menyatakan bahwa per tanggal 1 Juli kemarin saya sudah mengajukan pengunduran diri saya secara lisan dan suratnya sudah saya serahkan kemarin kepada Menteri Kominfo,” ujar Semuel dalam keterangannya di Jakarta dilansir pada Kamis (4/7).

Semuel menyampaikan bahwa sebagai Dirjen Aptika yang mengampu proses transformasi pemerintahan, dirinya merasa tidak bisa mengemban tanggung jawab tersebut dengan baik.

Dia mengatakan bahwa insiden serangan siber terhadap PDNS 2 secara teknis adalah tanggung jawabnya.

“Jadi saya mengambil tanggung jawab ini secara moral dan saya menyatakan ini tanggung jawab saya dan ini harusnya saya tangani dengan baik. Itu alasan utamanya,” ujar Semuel.

Meskipun mengundurkan diri dari jabatannya, Semuel menambahkan bahwa proses pemulihan PDNS 2 masih terus dilakukan secara optimal.

Sebelumnya, PDNS 2 di Surabaya mengalami serangan siber dalam bentuk ransomware bernama Brain Chiper, varian terbaru dari Lockbit 3.0. Puncaknya, PDNS mulai tidak bisa diakses sejak Kamis (20/6) yang berakibat layanan publik tidak bisa diakses, termasuk layanan imigrasi.

Foto: Kominfo