Tenaga Ahli Kemenparekraf, Arief Budiman: Kunci Kebangkitan Pariwisata Terletak pada Kedisiplinan dalam Menerapkan Protokol Kesehatan


Jakarta-Gpriority,Tenaga Ahli Menteri Bidang Hubungan Antar Lembaga Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Arief Budiman saat melakukan webinar melalui aplikasi Zoom dengan Alodokter pada Rabu (15/6/2020) mengatakan, kunci sukses kebangkitan pariwisata di tengah Covid-19 adalah kedisiplinan dalam menerapkan protokol kesehatan.

“ Protokol kesehatan perlu diterapkan sebagai upaya perlindungan terhadap wisatawan dan pelaku wisata.Tak hanya sekedar diterapkan, tetapi harus dijalankan. Dengan demikian, wisatawan akan datang dengan sendirinya, karena menilai tempat wisata tersebut aman untuk didatangi,” kata Arief.

Sementara itu, Quality Control Medical Manager Alodokter, dr.Ayu Munawaroh menuturkan, sektor pariwisata memiliki resiko yang cukup tinggi terhadap penyebaran Covid-19, dikarenakan akan banyak kontak jarak dekat dengan banyak orang. Alasan itulah yang menjadi alasan agar para pelaku usaha pariwisata di Indonesia menerapkan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, jaga jarak, dan protokol kesehatan lainnya. Ayu juga meminta kepada pelaku usaha untuk memberikan sanksi kepada wisatawan yang tidak mau mematuhi protokol kesehatan.

“ Pemerintah membuat protokol kesehatan dengan tujuan agar tempat wisata tidak menjadi klaster baru penyebaran Covid-19 di Indonesia. Untuk itulah saya berharap wisatawan dan pelaku wisata mau mentaati protokol kesehatan ini. Demi kemajuan serta kebangkitan pariwisata di Indonesia,” tutur Ayu.

Pernyataan Ayu diamini Anggota Komisi X DPR RI,Ferdiansyah. Menurut Ferdiansyah, Covid-19 yang masih melanda seluruh dunia termasuk Indonesia membuat wisatawan mempertimbangkan juga faktor keamanan, keselamatan dan kesehatan selain keindahan tempat wisatanya.

“ Jadi bagi pengelola wisata yang belum menerapkan protokol kesehatan yang telah dibuat pemerintah, segera menerapkannya,” ungkap Ferdiansyah.

Ferdiansyah juga meminta kepada Kemenparekraf untuk membantu para pelaku di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang terkena dampak Covid-19.” Harus ada relaksasi bagi para pelaku wisata dan ekonomi kreatif seperti tambahan dana dan keringanan pajak agar mereka bisa bangkit kembali,” tutup Ferdiansyah.#(Haris)

Related posts