Tips dan Manfaat Lulur Oatmeal Bagi Kecantikan Kulit

Jakarta,GPriority.co.id – Oatmeal adalah bahan makanan yang mengandung biji-bijian yang berasal dari gandum. Berbagai zat alami yang terkandung dalam oatmeal memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh dan juga kecantikan kulit.

Kandungan antioksidan, mineral, vitamin dan sifat anti inflamasi menjadikan oatmeal tidak hanya baik untuk dikonsumsi, tetapi juga digunakan untuk bahan dasar perawatan kulit secara alami.

Perawatan kulit dapat dilakukan dengan murah namun tetap memiliki khasiat yang baik bila melakukannya dengan bahan-bahan yang tepat. Berikut adalah manfaat oatmeal untuk kecantikan kulit yang dilansir melalui laman resmi alodokter:

1.Melembabkan Kulit
2.Meredakan Iritasi
3.Melindungi Kulit dari Sinar UV
4.Mengurangi Kerutan
5.Mengangkat Sel Kulit Mati
6.Merawat Kulit Sensitif

Segudang manfaat tersebut dapat Anda rasakan bila menggunakan oatmeal sebagai lulur tubuh atau masker wajah. Berikut tips membuat lulur tubuh berbahan dasar oatmeal yang dirangkum dari laman resmi doktersehat:
1.Lulur Oatmeal + Madu + Minyak Kelapa + Cuka Apel
Fungsi lulur ini yaitu untuk mengeksfoliasi kulit dengan lembut. Kandungan zat alami pada madu dan minyak kepala menjaga kelembapan kulit serta cuka apel membantu menjaga keseimbangan pH kulit.

Bahan: 1/2 cup oatmeal, 2 sdm madu, 2 sdm minyak kelapa, dan 1 sdt cuka apel.

Hancurkan oatmeal terlebih dahulu, lalu campurkan semua bahan hingga merata. Bila adonan terasa terlalu encer maka tambahkan oatmeal yang sudah dihaluskan, tapi bila terlalu kental dapat ditambahkan minyak kelapa.

Aplikasikan pada kulit tubuh dan wajah yang kering (tidak terkena air) dengan menggosokkannya secara perlahan dan melingkar. Selama pengaplikasian lulur, jangan lupa dipijat selama kurang lebih 1 menit agar memberikan efek yang maksimal. Lalu bila sudah bilas tubuh hingga bersih.

2.Lulur Oatmeal dengan Susu Kambing
Lulur oatmeal dengan susu kambing memiliki khasiat membantu menenangkan, menutrisi, dan melembabkan kulit. Lulur ini cocok digunakan untuk pewatan kulit sensitif dan kulit kering. Selain itu lulur ini juga dapat merawat kulit kaki yang pecah-pecah.

Bahan: 1/2 cup oatmeal, 1/2 cup susu kambing bubuk atau cair, dan air secukupnya.

Hancurkan oatmeal terlebih dahulu, lalu campurkan semua bahan hingga merata membentuk pasta. Bila lulur ini digunakan untuk tubuh maka cara pengaplikasiannya sama dengan instruksi sebelumnya. Namun bila digunakan untuk mengatasi kaki pecah-pecah akan berbeda caranya.

Untuk lulur kaki pecah-pecah perlu didiamkan selama 20-30 menit setelah dioleskan. Setelah itu digosok secara perlahan hingga kulit matinya mengelupas. Lalu bilas hingga bersih dengan air dingin dan keringkan. Terkahir oleskan krim kaki untuk perawatan yang maksimal.

Itulah ulasan tips dan manfaat oatmeal bagi kecantikan kulit. Bahan-bahan di atas dapat dengan mudah ditemukan dan dapat dilakukan di rumah. (Gs)

Related posts