Tips Merawat Lantai Agar Kilapnya Tahan Lama

Lantai rumah bersih dan mengkilap tentu saja menjadi idaman semua orang. Karena bisa membuat penghuninya menjadi betah untuk berlama-lama di dalam rumah.
Namun untuk mewujudkan itu semua ternyata tidaklah mudah, pasalnya meskipun sudah disapu dan dipel berkali-kali tetap saja warna lantai menjadi memudar dan terlihat kusam. Untuk itulah dibutuhkan trik khusus agar warna lantai tetap mengkilap dan juga bersih.


Berikut ini tips sederhana cara membersihkan lantai sehingga tetap terlihat mengkilap dan cemerlang sepanjang masa.
# Rutin Menyapu Lantai
Langkah yang pertama biasakan untuk rutin menyapu lantai keramik rumah. Debu yang menumpuk terlalu lama dan kotoran seperti pasir atau kerikil kecil akan menyebabkan keramik tergores. Jika tak kunjung dibersihkan, ini akan memudarkan warna keramik.
# Mengepel dengan Air Hangat
Kedua, Anda juga bisa mengepel keramik dengan air hangat. Air hangat akan membantu menghilangkan kotoran yang membandel yang menempel di keramik. Jangan lupa tambahkan cairan pembersih lantai agar lantai makin bersih dan wangi. Yang paling penting, Anda harus menggunakan kain pel yang bersih dan harus rajin-rajin mengganti air jika sudah kotor.
# Hindari Minyak
Minyak merupakan salah satu penyebab kusamnya keramik. Untuk itulah lantai dan dinding di rumah Anda harus dihindari dari tumpahan maupun cipratan minyak. Lantas kalau sudah terjadi bagaimana ? Tak perlu panik Anda bisa membuatnya kembali bersih seperti semula dengan menggunakan tepung terigu yang ditaburkan dan didiamkan beberapa saat. Jika tepung mulai tampak menyerap minyak, lanjutkan dengan menggosoknya menggunakan lap kering dan bilas kembali dengan memakai lap basah yang telah dicampur larutan pengharum lantai.

#Waspada Air Hujan
Keramik di dalam dan luar rumah berbeda perlakuannya. Hal ini dikarenakan keramik di luar rumah lebih cenderung kotor karena terpaan air hujan, paparan matahari, serta debu. Apabila keramik tersebut tidak rajin dibersihkan dapat menimbulkan munculnya lumut, kerak dan rumah terlihat kusam. Selain itu air hujan membawa banyak kandungan material yang efektif membuat keramik cepat menjadi kusam, terutama pada keramik dekat dengan tanah.
# Jangan Sembarangan Gunakan Pembersih Keramik
Meskipun banyak pembersih keramik yang beredar di warung, bukan berarti Anda bebas memilih. Sebab salah pilih bisa-bisa lantai keramiknya menjadi kusam. Untuk itu pilihlah pembersih keramik yang dapat memberikan kilap lebih lama, dengan aroma parfum yang menawan, menyegarkan, tidak lengket, lebih kesat dan cairannya lebih kental.(Hs.Foto.Istimewa)

Related posts