Wabup Dompu Serukan Semangat Reboisasi


NTB,Gpriority- Wakil Bupati (Wabup) Dompu, Nusa Tenggara Barat H Syahrul Parsan ST MT, mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Dompu melakukan penghijauan dan mengembalikan kelestarian hutan.

Hal tersebut disampaikannya pada acara hari Bhakti yang Ke-76 PUPR tahun 2021 dengan tema Sinergitas Membangun Negeri.

“Dihari PUPR kali ini, mari kita semangat untuk menghijaukan kembali hutan. Manfaat kelestarian hutan sangat penting untuk tetap menjaga mata air agar tidak timbulnya kekeringan,” katanya, Sabtu (4/12/2021).

Ia menilai, kondisi hutan di wilayah Dompu rusak parah (gundul), khususnya di areal lokasi DAM MILA, Kecamatan Woja. Jika gunung di sekitar lokasi DAM tidak dihijaukan, semua sedimentasi yang masuk pada saluran air di bendungan ini dapat menyebkan terganggunya fungsi saluran air pada bendungan setempat.

“Kalau pohon-pohon yang kita tanam ini tumbuh kelak, maka akan terlihat indah dan bagus. Jadi ini bukan sekedar kita menanam tapi mengenai dampak dan hasil dari apa yang kita tanam,” tuturnya.

Plt Kadis PUPR Aris Ansary ST MT, juga menyampaikan kegiatan ini dilakukan dalam rangka penghijauan pada infrastruktur PUPR yang berkelanjutan dan menghijaukan kembali lahan yang ada disekitar Dam Mila yang merupakan Aset Pengairan dan destinasi wisata kebanggan masyarakat Dompu.

“Kegiatan hari ini adalah momentum untuk memberi pemahaman pada masyarakat betapa pentingnya Dam ini dipelihara. Karena nantinya aset ini hanya akan berfungsi 15% utk irigasi dan sisanya utk aset wisata,” ujarnya. (Dw.foto.dok.Humas Dompu)

Related posts