Waspada Sampo Palsu, Ini Cara Bedainnya

Saat ini masyarakat digegerkan dengan kasus sampo palsu dengan bungkus bermerek terkenal beredar di pasaran. Seperti sampo Pantene, Clear, Sunsilk, Dove, Head and Shoulder, dan Gatsby.

Pelaku pun akhirnya diringkus polisi, pabrik mereka yang berada di Kecamatan Pakuhaji, Kabupaten Tangerang, Selasa (28/12/21) pun akhirnya digrebek.

Pemakaian sampo palsu ini sangat berbahaya untuk kesehatan rambut dan kulit kepala. Dalam jangka lama bisa menyebabkan iritasi yang menimbulkan luka yang membuat kita merasakan sakit dan tidak nyaman.

Kasubdit Indag Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Banten Kompol Condro Sasongko menjelaskan cara membedakan sampo palsu dengan yang asli.

Yang pertama yaitu dilihat dari dari kemasannya yang tidak rapi dan terlihat ada lubang antara satu saset dengan saset lainnya, padahal dalam sampo asli sasetannya rapat dan rapi.

Kemudian cairan sampo palsu lebih encer dan warnanya tidak pekat atau tegas. Sedangkan sampo asli lebih kental dan warnanya tegas. Jika dicium wanginya beda, yang palsu lebih menyengat dibandingkan yang asli.

Diketahui, pelaku bisnis sampo palsu menggunakan bahan baku seperti soda api, alkohol kadar 96 persen, lem, bahan pengawet dan pewarna makanan, dan kemasan sampo yang dicetak sendiri. (Dw.foto.dok.Ist)

Related posts