Yuk Beralih ke Lokapasar

Luwu Utara,Gpriority-Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi diselenggarakan secara virtual mulai Mei 2021 hingga Desember 2021 dengan berbagai konten menarik dan informatif yang disampaikan narasumber terpercaya. Untuk acara yang digelar secar virtual pada 13 Oktober 2021 di Luwu Utara,Kementerian Komunikasi dan Informatika, Siberkreasi dan Dyandra Promosindo mengangkat tema Cerdas dan Aman Manfaatkan Lokapasar”.

Program kali ini dipandu oleh Rachman Pratama selaku moderator dengan menghadirkan empat pembicara yang terdiri dari Azura BSC selaku Dasterpreneur, A. Mufid Wahyudi selaku Vice President Entrepreneurship IMA, Hasdiana selaku dosen & konsultan keuangan, serta Andi Indah Juliarti selaku narablog & Beauty Enthusiast. Kegiatan webinar yang diadakan secara gratis ini diikuti oleh 687 peserta dari berbagai kalangan. Rangkaian Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi menargetkan 57.550 peserta.

Acara dibuka dengan sambutan berupa video dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, mengenai pentingnya literasi digital untuk kemajuan bangsa. Tampil berikutnya adalah Mufid Wahyudi sebagai pembuka sesi materi dengan presentasi bertajuk “Mengenal Marketplace”. Mufid menjelaskan bahwa lokapasar memiliki konsep seperti pasar konvensional, yaitu menyediakan tempat bagi penjual dan pembeli. Lokapasar memiliki banyak keunggulan dibanding pasar konvensional, salah satunya adalah keamanan transaksi. “Transaksi lebih aman karena pembayaran dari konsumen tidak langsung kepada penjual, tetapi melalui loka pasar tersebut,” ujarnya.

Sesi dilanjutkan oleh Andi Indah Juliarti dengan tema “Peran dan Fungsi E-Market dalam Mendukung Produk Lokal”. Menurut Andi, salah satu cara untuk menghindari penipuan saat bertransaksi di situs lokal pasar adalah dengan memahami cara bertransaksinya. Pertama-tama, cermati reputasi penjual. Selanjutnya, perhatikan detail pemesanan, kemudian lakukan pembayaran sesuai petunjuk yang tertera di situs lokapasar. “Jangan lupa untuk menyimpan bukti transaksi setelah melakukan pembayaran,” pesan dia.

Azura BSC selaku pemateri ketiga membawakan tema “Peran Literasi Digital untuk Mengubah Mindset Konsumtif menjadi Lebih Produktif”. Azura mengatakan bahwa salah satu keuntungan dari internet adalah kemudahan dalam berbelanja. Namun demikian, kemudahan tersebut memiliki dampak negatif, yaitu timbulnya perilaku konsumtif. Maka dari itu, penting untuk melakukan perencanaan keuangan, mulai dari membuat tujuan keuangan yang akan dicapai. “Tentukan dalam beberapa tahun ke depan apa yang ingin kamu capai. Bisa dalam jangka waktu panjang ataupun pendek,” terang Azura.

Sesi pemberian materi diakhiri oleh Hasdiana yang mengusung tema “Cara Aman Investasi Online”. Pada sesinya, Hasdiana merekomendasikan beberapa investasi digital, salah satunya yaitu saham. Saham berasal dari kenaikan nilai saham serta dividen, alias pembagian laba perusahaan. Meski begitu, saham memiliki risiko kerugian yang cukup tinggi. “Sebaiknya pelajari dulu pasar modal transaksi saham, transaksi saham, strategi investasi, dan lain sebagainya sebelum membeli saham,” katanya mengingatkan.

Setelah pemaparan materi, moderator melanjutkan acara dengan sesi tanya jawab yang ditanggapi secara antusias oleh para peserta. Terdapat hadiah berupa uang elektronik masing-masing senilai Rp100.000 yang diberikan panitia kepada 10 penanya yang beruntung.

Salah satu pertanyaan menarik dari peserta adalah tentang bagaimana jika ingin memanfaatkan lokapasar, namun belum terampil mengelolanya. Andi menjawab bahwa langkah pertama yang dapat dilakukan adalah menyingkirkan rasa takut karena dapat menghambat perkembangan diri. Apabila ragu dengan keterampilan sendiri, mintalah bantuan teman yang lebih pandai untuk mengajari agar selanjutnya dapat melakukannya tanpa kesulitan.

Bagi masyarakat yang ingin mengikuti sesi webinar selanjutnya, silakan kunjungi https:// www.siberkreasi.id/ dan akun sosial media @Kemenkominfo dan @siberkreasi, serta @siberkreasisulawesi khusus untuk wilayah Sulawesi.

Related posts