6 Tips Perawatan Bibir Secara Mandiri

Jakarta, GPriority.co.id– Bibir kering dan pecah-pecah adalah masalah yang sering dialami oleh sebagian besar manusia. Kondisi ini dapat menyebabkan rasa yang tidak nyaman akibat nyeri bahkan terkadang sampai mengeluarkan darah diarea bibir. Penyebab bibir kering dan pecah-pecah dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu musim kemarau, musim dingin, iritasi, efek samping obat-obatan, dan kurang gizi.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut ada 6 tips yang dapat menjaga kesehatan, kehalusan, dan kelembaban bibir diantaranya:

1. Hindari Pemicu Alergi Pada Bibir Bibir kering dan pecah-pecah dapat dipicu oleh alergi tubuh akibat reaksi suatu zat yang digunakan secara langsung pada bibir. Kenali produk yang dapat memicu alergi tubuh untuk menghindari hal tersebut. Biasanya alergi terhadap suatu zat yang dapat memicu bibir kering dan pecah-pecah berasal dari kosmetik, produk perawatan kulit, parfum, dan lainnya.

2. Menggunakan Pelembab Bibir Pelembab bibir dapat memberikan perlindungan terhadap paparan sinar matahari apabila sedang beraktivitas di luar ruangan. Ada dua jenis pelembab bibir yaitu alami dan menggunakan lip balm dari suatu produk. Perlu diingat bahwa jika tidak cocok menggunakan suatu produk dapat beralih ke pelembab alami. Untuk menggunakan pelembab dari bahan alami dapat mencoba madu, minyak kelapa, lidah buaya, dan minyak zaitun.

3. Cukupi Asupan Cairan Pada Tubuh Pentingnya meminum air putih 8 gelas sehari menjadi solusi untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dan mencegah dehidrasi. Apabila kondisi cairan tubuh terpenuhi, resiko bibir kering dan pecah-pecah akan menurun.

4. Perhatikan Efek Samping Penggunaan Obat-Obatan Beberapa obat-obatan memiliki efek samping yang dapat memicu bibir kering dan pecah-pecah. Untuk mengetahui efek samping tersebut dapat dikonsultasikan pada dokter sebelum dikonsumsi.

5. Tidak Menjilat Bibir Terlalu Sering Menjilat bibir dengan air liur tidak dapat mencegah bibir kering. Hal ini disebabkan oleh sifat air liur yang cepat menguap sehingga keadaan tersebut mengakibatkan bibir menjadi lebih kering dari sebelumnya.

6. Scrub Bibir Anda 1 Minggu Sekali Fungsi dari scrub bibir adalah untuk mengangkat sel kulit mati yang ada pada bibir anda. Scrubbing dapat dilakukan dengan menggunakan scrub khusus bibir ataupun bahan alami seperti gula pasir yang dicampurkan dengan madu. Lakukan scrub bibir setidaknya 1 Minggu sekali, apabila bibir terasa lembab dan dalam kondisi baik lakukan 2 Minggu sekali. Sebaiknya setelah melakukan scrubbing, dapat diikuti dengan penggunaan pelindung bibir. (Gs)

Related posts