Alat PCR Telat Datang, RSUD Dr.Chasan Basoeri Ternate Ricuh Pagi Ini

Ternate,Gpriority-Jum’at pagi (17/9/2021) RSUD Dr.Chasan Basoeri Ternate ricuh. Menurut beberapa orang yang ditemui penyebabnya adalah pada hari ini, masyarakat yang sudah mendaftar di hari kamis (16/9/2021) tidak bisa melakukan PCR dikarenakan keterlambatan pengiriman alat PCR.

“ untuk Reagen dan alat lainnya sudah datang, namun ekstraksi belum datang, sehingga pada hari ini kami belum dapat melakukan tes PCR,” jelas Direktur RSUD Dr.Chasan Basoeri, dr. Syamsul Bahri MS.Hi.Idris,SP.OG.SH.M yang ditemui pada Jum’at (17/9/2021).

Lebih lanjut dikatakan Syamsul Bahri,” Karena semua pengiriman dari Litbangkes di Jakarta, maka otomatis semua alat yang dipergunakan untuk PCR dikirim dari sana, namun dikarenakan keterlambatan dari Cargo yang bisa jadi disebabkan oleh cuaca, maka ekstraksi yang berguna untuk memutar masih belum datang. Saya berharap hari ini bisa datang,” jelas Syamsul Bahri.

Syamsul juga mengatakan bahwa keadaan darurat PCR ini, pihak RSUD tidak bisa berbuat banyak dan terus menunggu hingga tiba, karena tidak bisa mengambil dari RSUD di daerah lainnya.” Proses pengambilan PCR ini sulit dan tidak mudah sehingga tidak bisa mengambil dari RSUD lainnya,” kata Syamsul.

Saat ditanya berapa alat PCR yang dikirim dari Jakarta,Syamsul mengatakan 2.000 untuk jangka waktu 1 minggu.” Ya, jangka waktu 1 minggu itu 2.000 PCR habis karena pemeriksaannya sendiri 400 orang dalam setiap harinya. Adapun rinciannya adalah 50 untuk masyarakat yang bepergian, pasien yang didalam, dan rujukan,” kata Syamsul Bahri.

 Syamsul sendiri berharap jika hari ini alatnya sampai, maka masyarakat yang sudah mendaftar pada Kamis (16/7/2021) bisa melakukan PCR pada sabtu siang.(Hs.Foto.Istimewa)

 

    

Related posts