Atasi Penyakit Jantung Hingga Cegah Depresi, Ini 6 Manfaat Buah Alpukat yang Baik Bagi Kesehatan

Jakarta,GPriority.co.id – Buah alpukat merupakan salah satu buah yang baik bagi kesehatan, karena alpukat mengandung tinggi asam lemak tak jenuh tunggal dan juga kaya akan vitamin dan mineral serta memiliki kandungan nutrisi tinggi yang lengkap.

Tidak hanya itu, ada pula kandungan magnesium, folat, lutein, kalium, dan berbagai vitamin seperti vitamin C, A, B, K, dan E pada buah alpukat. Dengan begitu, satu buah alpukat tentunya mampu untuk memenuhi kebutuhan nutrisi seseorang dalam tubuh serta mencegah penyakit. Berikut manfaat buah alpukat yang baik bagi kesehatan:

1. Menjaga Kesehatan Jantung
Dalam setiap 100 gr buah alpukat, terdapat 76 mgr sterol tumbuhan alami yang disebut dengan beta sitosterol. Dengan mengonsumsi beta sitosterol secara rutin, dapat membantu menjaga kadar kolesterol sehat atau high-density lipoprotein (HDL) yang baik untuk kesehatan jantung.

2. Mencegah Osteoporosis
Kandungan buah alpukat lainnya adalah vitamin K yang tinggi. Vitamin K tentunya baik untuk kesehatan tulang. Dengan mengonsumsi buah alpukat, maka akan tercukupi kebutuhan vitamin K untuk mendukung kesehatan tulang serta meningkatkan penyerapan kalsium dan mengurangi pengeluaran kalisum melalui urine.

3. Menjaga Kesehatan Janin
Bagi ibu-ibu hamil, kandungan folat sangat penting untuk kehamilan yang sehat. Asupan folat yang cukup akan mengurangi risiko keguguran dan cacat tabung saraf. Alpukat juga mengandung asam lemak yang tinggi yang berguna untuk perkembangan janin yang sehat.

4. Mengurangi Risiko Depresi
Alpukat adalah sumber folat yang baik. Sebuah penelitian menemukan bahwa adanya hubungan antara kadar folat yang rendah dengan depresi. Folat dapat mencegah penumpukan homosistein, yakni zat yang dapat mengganggu sirkulasi dan pengiriman nutrisi ke otak.

Kelebihan homosistein dapat menyebabkan disfungsi kognitif, depresi, dan rendahnya produksi serotonin, dopamin, dan norepinefrin yang berguna untuk mengatur suasana hati, pola tidur, dan nafsu makan.

5. Melancarkan Pencernaan
Buah alpukat juga tinggi akan kandungan serat. Dalam setengah buah alpukat, terdapat sekitar 6–7 gr serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Dengan mengonsumsi buah alpukat, dapat membantu mencegah sembelit, menjaga kesehatan saluran pencernaan, dan menurunkan risiko kanker usus besar.

6. Menjaga Kesehatan Mata
Kandungan lutein dan zeaxanthin dalam buah alpukat dapat menjaga kesehatan mata. Kedua fitokimia ini memberikan perlindungan antioksidan untuk meminimalkan kerusakan mata, termasuk yang diakibatkan oleh sinar ultraviolet. Asam lemak tak jenuh tunggal dalam alpukat juga mendukung penyerapan antioksidan yang berguna untuk mengurangi risiko degenerasi makula terkait usia. (Hn.)

Related posts