Awas Obesitas 5 Kebiasaan Pagi Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Jakarta, GPriority.co.id– Telah banyak hasil penelitian yang membuktikan bahwa pagi merupakan waktu terbaik untuk memulai aktivitas. Namun begitu, masih saja banyak orang yang malas melakukannya.

Penyebabnya pun beragam, ada yang karena memiliki kesibukan padat, gangguan insomnia, atau memang lebih suka begadang sehingga kesulitan untuk bangun dan beraktivitas di pagi hari.

Padahal tanpa disadari, kebiasaan memulai aktivitas di siang hari tidak baik bagi kesehatan tubuh. Salah satunya meningkatkan resiko kelebihan berat badan atau obesitas. Selain kebiasaan tersebut, beberapa kebiasaan yang dilakukan di pagi hari berikut ini juga dapat menjadi penyebab obesitas.

1.Bangun kesiangan
Seperti telah sedikit dijelaskan sebelumnya, kebiasaan bangun siang dapat beresiko bagi kesehatan tubuh, salah satunya obesitas. Hal ini karena waktu ideal seseorang tidur adalah 6-8 jam per hari. Orang yang tidur kurang atau lebih dari 8 jam setiap hari akan membuat tubuh kesulitan membakar kalori dan lemak, sehingga sistem metabolisme tubuh melambat dan menyebabkan kegemukan.

2.Tidak merapikan tempat tidur
Penyebab obesitas yang satu ini mungkin sedikit sulit dicerna. Namun faktanya, tempat tidur yang rapi dan bersih bisa mempengaruhi kualitas tidur seseorang. Penelitian yang dilakukan oleh National Sleep Foundation menemukan bahwa kualitas tidur yang terganggu akibat kasur yang kotor dan tidak nyaman dapat menurunkan kualitas tidur seseorang, sehingga lebih mudah mengalami kegemukan.

3.Tidak sarapan
Makan di pagi hari adalah salah satu waktu makan yang paling disarankan oleh para ahli kesehatan. Anggapan bahwa makan bisa membuat tubuh gemuk tidak berlaku di waktu ini. Sebaliknya, melewatkan sarapan justru dapat meningkatkan resiko obesitas.

Kebiasaan buruk ini membuka peluang seseorang untuk makan berlebih di siang hari karena terlalu lapar. Sehingga metabolisme tubuh menjadi buruk dan membuat tubuh gemuk.

4.Membiarkan kamar gelap
Sebagian orang mungkin tidak menyukai sinar matahari yang masuk ke kamar. Namun, orang-orang yang punya kebiasaan membiarkan kamarnya tidak terkena sinar matahari alias gelap ternyata lebih beresiko obesitas. Hal ini karena suasana kamar yang gelap dapat membuat orang malas beraktivitas. Mereka mudah bosan, stress, depresi, dan kehilangan semangat untuk bergerak.

5.Tidak menimbang berat badan
Menimbang berat badan di pagi hari memang memiliki peran penting bagi kesehatan tubuh. Pasalnya, berat badan di pagi hari adalah yang paling akurat karena tubuh baru saja beristirahat, serta belum ada makanan yang masuk, ataupun melakukan aktivitas. Sehingga berat badan pagi dianggap sebagai berat badan sesungguhnya.

Orang yang punya kebiasaan menimbang berat badan di pagi hari cenderung akan lebih sukses dalam melakukan program penurunan berat badan. Hal ini karena menimbang berat badan bisa menjadi langkah awal untuk mengatur porsi makan.

Itulah 5 kebiasaan buruk di pagi hari yang bisa menyebabkan obesitas. Untuk itu sebaiknya segera ubah pola hidup dan hindari kebiasaan-kebiasaan di atas. (Vn)