Bahaya! Jangan Simpan Makanan Ini di Kulkas

Menyimpan bahan makanan atau minuman ke dalam kulkas menjadi alternatif untuk menjaga makanan agar awet dan tahan lama.

Sayangnya tidak semua bahan makanan bisa disimpan di lemari pendingin. Sebab hal tersebut dapat merusak tekstur makanan, mengubah cita rasa, bahkan mengurangi manfaat yang terkandung dalam makanan tersebut.

Berikut ini, beberapa jenis makanan yang tidak boleh disimpan di kulkas.

1. Kentang

Siapa yang menyangka jika kentang yang disimpan di kulkas dapat berubah menjadi gula? Hal ini disebabkan karena pati dalam kentang akan lebih cepat terurai menjadi gula, sehingga kentang terasa manis. Teksturnya yang semula lembut pun akan berubah jadi lebih kasar dan keras seperti pasir. Sebaiknya simpan kentang di tempat yang kering dan tidak terpapar sinar matahari langsung.

2. Bawang-bawangan

Beberapa jenis bawang seperti bawang putih, merah, dan juga bombai tidak baik disimpan di kulkas. Suhu yang lembab di dalam kulkas akan mengubah bawang bombai jadi lembek, kusam, dan cepat berjamur. Bawang putih dan bawang merah yang ditaruh di kulkas terlalu lama juga akan tumbuh tunas. Rasa bawang putih dan bawang merah juga tidak akan setajam sebelumnya, sehingga masakan pun jadi terasa lebih hambar. Cara baiknya simpan bawang-bawangan di tempat kering dengan suhu ruangan.

3. Rempah-Rempah

Rempah-rempah seperti ketumbar, jinten, pala bubuk, merica mudah menyerap bau makanan lain disekitarnya, sehinga tidak baik disimpan dalam kulkas. Selain itu rempah-rempah juga bisa kering, berbau, dan kehilangan rasa aslinya.

4. Buah-buahan

Udara dingin pada kulkas bisa memberi efek negatif pada buah-buahan, karena kandungan antioksidannya akan berkurang. Selain itu, buah yang tadinya segar dan kaya akan sarinya jadi mengering dan mengeras, atau bahkan ada yang menjadi lembek dan menghambat proses pematangan buah. Buah-buahan tersebut seperti pisang, alpukat, semangka, melon, apel, pir, stroberi, mangga, jeruk, pepaya, dan tomat.

5. Biji kopi

Kelembapan udara di dalam kulkas akan mengubah kopi jadi lebih encer dan aromanya tidak kuat. Biji kopi yang disimpan dalam kulkas juga akan menyerap aroma bahan makanan lain yang disimpan bersamaan. Untuk menyimpan kopi, masukkan ke dalam wadah yang kedap udara dan simpan di tempat yang tidak kena sinar matahari langsung.

6. Roti

Menyimpan roti dalam kulkas memang bisa mencegah jamur, tetapi roti terasa lebih kering dan kasar. Sebaiknya simpan roti paling lama 3 hari dalam wadah kedap udara. Jika tidak bisa menghabiskannya dalam kurun waktu tersebut, masukkan roti kedalam freezet dalam wadah tertutup. (dwi.foto.dok.istimewa)

Related posts