Beasiswa GCM untuk Putra Putri Mahulu

Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu memberikan kesempatan bagi putra-putri daerah untuk mengenyam pendidikan, melalui program beasiswa Gerbang Cerdas Mahulu (GCM).

Bupati Mahakam Ulu (Mahulu) Bonifasius Belawan Geh, SH., membuka Pelaksanaan Tes Seleksi tertulis Penerimaan Beasiswa Gerbang Cerdas Mahulu (GCM) Tahun 2021. Bertempat di SMPN 1 Ujoh Bilang beberapa waktu yang lalu.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Mahulu, Feridiana Hendoq, S.Pd, saat dihubungi mengatakan bahwa, beasiswa ini merupakan langkah untuk membuka kesempatan yang adil dan seluas-luasnya kepada masyarakat Mahulu, agar dapat memperoleh pendidikan yang lebih tinggi.

“Membantu putra putri Mahulu agar mereka bisa mencari ilmu sesuai dengan bidang yang ingin mereka kuasai, terutama bagi putra putri yang mempunyai masalah tentang pembiayaan, serta memberi kesempatan dan peluang bagi putra putri Mahakam Ulu untuk terus dapat mengenyam pendidikan tinggi minimal sarjana,” katanya.

Menurut Feridiana, untuk penerimaan beasiswa diadakan setiap tahun dan penerimaannya bervariasi tergantung kebutuhan daerah. Adapun jenis beasiswa yang diberikan antara lain adalah beasiswa umum, yang diberikan kepada pelajar, berupa biaya pendidikan yang meliputi beasiswa prestasi dan beasiswa tidak mampu.Kemudian ada pemberian beasiswa khusus yang diperuntukan kepada siswa dan mahasiswa Mahulu, yang dipilih berdasarkan prestasi dalam dedikasinya untuk membangun Kabupaten Mahulu.

Serta ada beasiswa program kerjasama, diberikan calon penerima melalui seleksi berdasarkan program kerjasama khusus dengan satuan pendidikan atau lembaga melalui MoU yang disepaki pemerintah daerah. Sejak Mahakan Ulu dimekarkan, setidaknya ada 20 perguruan tinggi negeri maupun swasta di Indonesia yang bekerjasama untuk menunjang pengadaan beasiswa tersebut.

Penerima beasiswa pun mendapatkan manfaat yang beragam, diantaranya yaitu uang SPP (Sumbangan Pembinaan Pendidikan) dan uang saku per semester, uang tempat tinggal atau fasilitas pemondokan perbulan, hingga menyiapkan rumah untuk mereka tinggali selama menempuh pendidikan.

Dengan adanya beasiswa tersebut, Kadis Pendidikan berharap semoga beasiswa ini tetap berjalan terus dan berlanjut. Ia juga mengingatkan kepada penerima beasiswa agar tidak menyia-nyiakan kesempatan berharga tersebut dan mau belajar ilmu apapun, karena tidak ada ilmu yang tak berguna.

“Saya tidak ingin putra putri Mahakam ulu sebagai penonton di tempatnya sendiri, tetapi mereka harus menguasai dan menghasilkan SDM (sumber daya manusia) yang memiliki kualitas tinggi dan keilmuan, agar kemudian dapat mendukung pembangunan yang ada di daerah Mahulu, sehingga menjadi daerah yang mandiri,” pungkasnya.#

 

Related posts